Taman Flora, Hutan di Tengah Padatnya Kota Surabaya

Food & Travel   21 Maret 2020
Foto: brisik.id


Sama seperti Jakarta, Surabaya tak ubahnya seperti kota metropolitan yang tak pernah tidur. Untungnya, Surabaya masih memiliki paru-paru kota yang cukup luas untuk menopang kehidupannya yang semakin berat. Secercah harapan itu muncul dari Taman Flora, taman seluas 2,4 hektar. Bersih, rindang, dan udara yang segar, seakan Taman Flora menyajikan sudut lain dari keriuhan Kota Surabaya, kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Lokasi Taman Flora
Secara administratif Taman Flora terletak di Jalan Raya Manyar 80A, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya, kira-kira 8 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Tidak sulit menjangkau taman yang satu ini, baik itu menggunakan kendaraan umum atau pun pribadi.

Dengan kendaraan umum, ambil contoh datang dari Gedung Balai Kota Surabaya, Anda bisa berjalan terlebih dahulu menuju ke Jalan Jaksa Agung Suprapto 7 dengan jarak kira-kira 220 meter. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus kota tujuan Terminal Joyoboyo, dan kemudian pilih angkutan menuju ke Jalan Raya Dinoyo. Sesampainya di Terminal Bratang, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot menuju ke Jalan Ngagel Jaya Selatan, sebelum akhirnya sampai di Taman Flora.

Dihuni Tanaman dan Hewan Langka
Seperti namanya, Taman Flora, taman ini dihuni oleh banyak flora atau tumbuhan dari berbagai jenis, mulai dari tanaman pelindung, perdu, palem, hingga tanaman langka. Koleksi tanaman langka yang ada di Taman Flora beberapa di antaranya adalah bisbul, buah mentega, kawisto, keben, hingga wuni.

Tidak hanya flora, taman yang dikelola oleh Pemkot Surabaya tersebut juga memiliki beberapa koleksi hewan langka, seperti burung merak, burung kakak tua, hingga rusa. Keberadaan rusa di Taman Flora menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Penduduk sekitar pun memanfaatkannya dengan menjual sayur-sayuran sebagai pakan dengan harga Rp5 ribu per ikat. Ada juga kolam yang dihuni puluhan ikan hias yang berwarna-warni.

taman

Edukasi dan Permainan

Di Taman Flora juga terdapat beberapa sarana edukasi, mulai dari perpustakaan hingga Broadband Learning Center (BLC). BLC bisa digunakan oleh anak-anak untuk belajar mengenai teknologi informasi dengan media komputer. Sementara itu, perpustakaan di Taman Flora juga memiliki koleksi buku yang cukup banyak dan menarik untuk anak-anak.

perpustakaan

Di beberapa sudut taman juga terdapat permainan anak-anak, mulai dari jungkat-jungkit, ayunan, hingga papan seluncur. Keberadaannya terkadang mampu membuat anak-anak betah untuk berlama-lama di Taman Flora.

permainan

Tiket Masuk dan Fasilitas
Pengunjung tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk masuk ke Taman Flora. Mereka hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3 ribu untuk roda dua dan Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Walau pun gratis, fasilitas di Taman Flora sangat lengkap. Selain perpustakaan dan BLC, di sana juga terdapat toilet, musala, ruang laktasi, hingga panggung teater. Tepat di depan Taman Flora terdapat Sentra Kuliner RMI, yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu. Makanan favorit di sana adalah rujak, yang sudah dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur.

Soal tempat penginapan, tentunya tak perlu diragukan lagi. Sebagai kota metropolitan, banyak penginapan yang bisa ditemukan di dekat Taman Flora dengan harga yang bervariasi, tergantung fasilitas. Misalnya Hotel Sonny, OYO 658 Alibaba Residence, atau Citra Suites yang semuanya bisa dicapai dengan jalan kaki.

Artikel ini ditulis oleh Febrian Kusumawardani - Gresik
back to top