Pesan Wishnutama Bagi Pelaku Pariwisata Saat Corona Merebak

News   20 Maret 2020
Foto: netralnews.com


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio meminta agar semua kegiatan kreatif ditunda. Kegiatan itu meliputi konser musik, bazae, festival, pelatihan, pameran, seminar, dan konferensi untuk dilakukan penundaan, baik yang terselenggara di dalam maupun luar ruangan selama masa darurat bencana Corona.

Dilansir detiktravel, himbauan Wishnutama ditujukan terhadap dinas pariwisata, asosiasi pariwisata, serta para ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. Ia meminta agar bersama-sama berupaya mencegah virus corona tersebar di daerahnya masing-masing.

Selain itu, Wishnutama juga meminta dinas untuk terus melakukan pemantauan dan melaporkan semua dampak ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masing-masing daerah ke Kemenparekraf/Baparekraf.

Sedangkan himbauan Wishnutama bagi asosiasi atau pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif adalah agar memberlakukan protokol kesehatan yang sama. Serta menjaga jarak sosial sekitar 1 meter sesuai dengan standar yang ditentukan WHO saat berada di ruang publik.

wisata tutup
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Wishnutama mengatakan, saat ini prioritas Kemenparekraf adalah melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh lapisan masyarakat. Tak kalah penting, adalah menjaga ketahanan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional, sehingga tidak sampai terjadi pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan.

“Kami juga akan kembali melakukan pendukungan pelaksanaan Calendar of Events 2020 dan Penyelenggaraan Kegiatan lainnya setelah masa darurat bencana COVID-19 dinyatakan selesai oleh Pemerintah Pusat,” ujar Wishnutama.

Menparekraf berharap, seluruh pemangku kepentingan untuk bahu-membahu menghadapi situasi sulit ini. Pandemik COVID-19 juga diharapkan segera berakhir sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu kembali bangkit dan tetap menjadi sektor kebanggaan bangsa.

Untuk masyarakat, Menparekraf berharap agar tidak panik dan mengikuti seluruh imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Saat ini, pemerintah benar-benar serius, siap dan mampu menangani COVID-19.

Artikel ini ditulis oleh Jihan
back to top