Kali Oya, Destinasi Baru di Yogyakarta

Food & Travel   24 Maret 2020
Foto: Instagram/@iwank_markzaid


Yogyakarta, pesonanya tidak pernah habis. Selalu ada yang baru dan membuat kota ini begitu dicintai wisatawan. Kali ini Anda akan diajak menengok objek wisata baru di Yogya, namanya Kali Oya. Seperti apa?

Kali Oya adalah destinasi yang menawarkan pemandangan lembah dan sungai indah. Tempat ini dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar. Letak Kali Oya berada di Dusun Sompok, Kelurahan Sampok, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Perjalanan menuju tempat ini sekitar satu jam dari pusat kota Yogyakarta. Kondisi jalan menuju objek wisata Kali Oya searah dengan jalan menuju Kebun Buah Mangunan. Hanya saja sebelum naik ke atas bukit, belok ke kanan mengikuti papan penunjuk arah.

Akses menuju Kali Oya sangat baik, hampir tidak ada jalan berlubang sehingga aman dilalui pengendara motor.

Begitu memasuki Dusun Sompok, Anda akan menyaksikan pemandangan berupa hamparan lembah dan perbukitan yang sangat luas. Angin sepoi-sepoi di sekitar dusun begitu menyegarkan.

kali oya
Foto: Instagram/@asdian_asdi

Air di Sungai Oya ini termasuk jernih dan sangat segar. Perbukitan yang ada di sekitar kali ditumbuhi tanaman hijau nan lebat. Kondisi ini membuat udara yang berhembus ke kali jadi terasa menyegarkan.

Selain pemandangan yang menarik, Kali Oya juga menawarkan wahana wisata memacu adrenalin, yakni rafting. Harga untuk satu kali rafting di sini tergolong murah, cuma Rp20.000 untuk setiap perahu dengan kapasitas 6 orang (sudah termasuk biaya pelampung).

Karena masih sepi pengunjung, terkadang durasi rafting tidak dibatasi. Kecuali saat antrian wisatawan mengular, baru dibatasi waktu sewa 20 menit.

Sejumlah area di Kali Oya juga cocok dijadikan spot foto. Di tengah hamparan bebatuan kecil, berdiri miniatur Tugu Jogja. Spot tugu ini sering dipakai untuk berselfie ria.

kali oya
Foto: Instagram/@ikahanifah

Di tepian sungai juga banyak terdapat kafe-kafe yang tidak kalah instagramable. Dekorasi dan penataannya dibuat unik, mirip sangkar burung. View langsung menghadap ke sungai dan perbukitan. Harga makanan yang dijual pun tidak begitu mahal, untuk segelas kopi hanya dibanderol senilai Rp8.000, dan gorengan Rp1.000 saja.

Camping di Kali Oya adalah pengalaman yang tak boleh terlewatkan. Anda dapat menyewa tenda yang telah disediakan oleh pengelola dengan biaya per orang sekitar Rp50.000 – Rp60.000 untuk satu malam. Biaya itu sudah termasuk tenda dome, lampu, matras, dan sleeping bag.

Namun jika ingin nge-camp dengan jumlah rombongan mencapai 20 orang atau lebih, Anda bisa mendapatkan potongan menjadi Rp30.000 per orang. Disediakan kayu bakar bila ingin membuat api unggun.

Pilihan lain untuk bermalam adalah dengan menyewa homestay yang masih dikelola swadaya. Anda bisa merasakan sensasi menginap di rumah warga. Untuk harga homestay sama dengan harga camping di sini. Bahkan harga itu sudah termasuk dua kali makan.

kai oya
Foto: Instagram/@sigit_ojo_dumeh

Pengelola objek wisata Kali Oya juga menyediakan beberapa paket wisata dengan harga terjangkau bagi sekolah atau komunitas yang ingin outbond. Rincian paketnya sebagai berikut:

- Paket Asyik seharga Rp40.000 per orang mendapatkan ice breaking, makan dua kali, 4 games, dan perahu karet.

- Paket gokil seharga Rp50.000 per orang mendapatkan ice breaking, dua kali makan, 5 games, perahu karet, dan panjat tebing.

- Paket adrenalin seharga Rp150.000 per orang mendapatkan ice breaking, makan berat dua kali, 5 games, perahu karet, panjat tebing, dua kali snack.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata Kali Oya?

Artikel ini ditulis oleh Mama Mama - Yogyakarta
back to top