Tips Bepergian di Musim Corona

Lifestyle   09 Maret 2020
Foto: 123rf.com nuotr/Sergantis keleivis


Virus corona sudah masuk ke Indonesia. Hal ini menjadi penanda bagi Anda yang ingin bepergian agar lebih mawas diri. Untuk itu, perlu mempersiapkan diri dengan matang agar perjalanan lebih aman.

Dirangkum detiktravel, di bawah ini adalah sejumlah hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai traveling di tengah wabah virus corona:

1. Siapkan masker dan hand sanitizer
Banyak pakar kesehatan sudah menjelaskan bahwa penggunaan masker dan hand sanitizer menjadi salah satu cara ampuh menangkal virus Corona. Dengan catatan, memakai masker lebih dianjurkan kepada Anda yang sedang sakit atau bermasalah dengan pernafasannya. Tindakan ini dapat meminimalisir penyebaran penyakit.

Sedangkan untuk hand sanitizer, gunakanlah sesuai keperluan. Anda dapat menggunakannya saat sebelum makan atau pergi dari luar ruangan. Perlu diingat, tangan adalah sarang dari berbagai bakteri dan virus.

2. Rajin mencuci tangan
Cuci tangan menggunakan sabun adalah cara jitu melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kontak fisik dengan menggunakan tangan dianggap sangat rentan menyebarkan virus.

3. Hindari menyentuh area nwajah
Ada baiknya menghindari memegang area wajah langsung menggunakan tangan. Bukan tidak mungkin virus corona menyebar dari tangan lewat mata atau area lain.

4. Pahami kondisi badan
Virus corona dapat diredam penyebarannya bila setiap orang dapat mawas diri. Jika merasakan kondisi badan kurang fit atau flu, sebaiknya menahan diri dulu untuk beraktifitas hingga benar-benar sembuh. Jangan lupa untuk mengenakan masker.

5. Ketahui situasi dan kondisi di tempat yang akan dituju
Sebelum memutuskan untuk pergi, sebaiknya lakukan riset ke destinasi yang ingin dituju. Sangat disarankan untuk menjauhi tempat-tempat ramai penyebaran virus Corona karena kesehatan jauh lebih penting.

Yang lebih penting adalah mawas diri dan tak perlu panik secara berlebih.

Artikel ini ditulis oleh Jihan
back to top