Ajang Mobile World Congress di Barcelona Dibatalkan Tahun Ini

News   15 Februari 2020
Foto: lafransatravellers.com


Mobile World Congress (MWC), pameran tahunan industri nirkabel, biasanya menarik 100.000 perwakilan dari perusahaan teknologi, operator, dan pemerintah ke Barcelona, Spanyol. Tapi tidak tahun ini. Asosiasi GSM, sebuah kelompok industri yang mengorganisir pertemuan itu, mengatakan hari Rabu (13/2) bahwa pihaknya membatalkan acara tahun ini akibat dari keadaan darurat virus Corona. Rencananya, MWC akan diselenggarakan pada 24-27 Februari.

″GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena kekhawatiran global terkait wabah Corona, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya, membuat GSMA tidak mungkin mengadakan acara tersebut,″ kata organisasi itu.

Pembatalan itu menjadi pukulan terbaru ke industri teknologi akibat Corona. Pekan lalu, Nikkei Asian Review melaporkan bahwa China memblokir pabrik Foxconn dari membuka kembali pabrik yang berpotensi menunda produksi perangkat dari beberapa perusahaan, termasuk Apple, Amazon, dan Huawei.

Pembatalan MBC datang ketika perhatian industri difokuskan pada perlombaan operator untuk meningkatkan jaringan ke 5G, generasi nirkabel nirkabel berkecepatan tinggi, dan ketika pemerintah bergulat dengan tekanan dari pemerintah AS untuk melarang peralatan yang dibuat oleh raksasa telekomunikasi China, Huawei. Perusahaan-perusahaan Cina seperti Huawei, Motorola, Oppo, Xiaomi, dan ZTE, diharapkan memiliki kehadiran yang besar di acara itu.

Stephen Mears, seorang analis riset di perusahaan konsultan Futuresource, mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pembatalan akan menjadi pukulan besar bagi upaya pemasaran. Banyak perusahaan berencana untuk membuat pengumuman selama pertemuan di Barcelona. Samsung, Huawei, Sony, dan lainnya diharapkan meluncurkan produk baru.

Beberapa perusahaan sudah menyatakan mundur dari MWC 2020, termasuk Amazon, Ericsson, Facebook, Nokia, LG Electronics, Sony, dan ZTE. Beberapa merencanakan acara alternatif.

GSMA telah mengadakan Mobile World Congress Barcelona sejak 2006. Organisasi ini masih merencanakan acara-acara lain, termasuk Mobile World Congress Shanghai pada Juni dan Juli dan Mobile World Congress Los Angeles pada Oktober.
back to top