Robot Damkar Canggih yang Dibeli Pemprov DKI

News   14 Februari 2020
Foto: www.instagram.com/dkijakarta


Dua unit robot pemadam kebakaran yang baru dibeli oleh Pemprov DKI Jakarta tengah diuji coba oleh Dinas Pemadam Kebakaran Tanah Abang Jakarta Pusat.

Dua unit robot pemadam tersebut, yakni Robotik Damkar MFV-5U3 yang diimpor dari Kroasia memiliki kelebihan untuk memadamkan kebakaran skala besar seperti kebakaran kilang minyak. Robot damkar yang menelan anggaran Rp32 milyar tersebut, dioperasikan oleh seorang petugas Damkar menggunakan remote control dari jarak 500 m sampai 1 km.

Selain untuk memadamkan api, robotik Damkar MFV-5U3 juga dapat difungsikan untuk mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas yang terhimpit bagian body kendaraan.

Sementara itu, robotik LUF 60 secara fisik lebih kecil dibandingkan robotik Damkar MFV-5U3. Robotik damkar buatan Austria ini dapat memadamkan api di tempat yang sulit dijangkau petugas pemadam kebakaran.

damkar
Sumber foto:medcom.id

Nantinya unit robotik tersebut akan difungsikan di sejumlah lokasi yang terjadi bencana kebakaran, seperti di terowongan MRT, dan gang kecil di pemukiman warga. Tak hanya membantu proses pemadaman api, LUF 60 yang harganya Rp8 miliar itu, dapat difungsikan sebagai blower atau kipas yang mengurai asap saat terjadi bencana kebakaran.

Kehadiran dua unit robot canggih ini diharapkan dapat mengurangi risiko petugas Damkar saat memadamkan api.
back to top