Berinteraksi dengan Satwa Liar di Taman Safari

Food & Travel   15 Februari 2020
Foto: travelingyuk.com


Taman safari adalah salah satu kawasan wisata favorit wisatawan Jakarta. Sampai-sampai setiap akhir pekan kawasan puncak yang menjadi lokasi Taman Safari harus diberlakukan buka-tutup jalur untuk menghindari kepadatan kendaraan.

Wisata alam ini menawarkan beraneka satwa dengan keindahan alam yang masih asri kepada wisatawan. Tak hanya di Bogor, taman Safari punya 2 tempat lainnya, yaitu Taman Safari Prigen Jawa Timur dan Safari Bali.

Saat ini Taman Safari Indonesia memiliki sekitar 2500 koleksi satwa yang berasal dari seluruh duina. Beberapa satwa langka yang menjadi koleksi antara lain: harimau benggala, singa, gajah, orang utan, jerapah, komodo dan anoa.

Seperti namanya, wisata safari adalah tema utama Taman Safari. Melalui wisata ini kamu bisa merasakan sensasi berjumpa langsung dengan binatang-binatang liar dari dalam mobil.

Harga Tiket
Harga Tiket Taman Safari Cisarua Bogor Siang
Jenis TiketAnak (Di bawah 5 tahun)Dewasa (Di atas 6 tahun)
Wisatawan domestik weekdaysRp170.000Rp195.000
Wisatawan domestik weekekndRp210.000Rp230.000
Safari malam domestikRp160.000Rp180.000
International touristRp350.000Rp400.000
Night safari internationalRp300.000Rp350.000

Tiket kendaraan
Roda 6Rp60.000
Roda 4Rp20.000
Roda 2Rp10.000

Fasilitas
Taman Safari Bogor dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi dan fasilitas seperti bus safari, danau buatan, kano, sepeda air, serta kolam renang dengan seluncur ombak. Juga ada mini train yang melintasi perkampungan ala Afrika, kincir raksasa, komedi putar, pentas sirkus, gajah tunggang, taman burung. Ditambah lagi baby zoo, gocart dan bom bom car, atraksi hewan, rumah setan, kesenian tradisional serta sulap di panggung terbuka.

Wisatawan Taman Safari semakin dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang luas, toilet dan tempat duduk. Juga ada tempat ibadah berupa mushola, pusat informasi dan tempat makan. Selain itu, tak ketinggalan fasilitas berupa jalur tracking yang bisa di gunakan untuk berjalan menyusuri keindahan alam di sana.

taman safari
Foto: wikipedia

Jam Buka
Jika ingin menikmati segala ke seruan wahana Taman Safari Indonesia, datanglah lebih awal atau di pagi hari. Di hari–hari biasa, Taman Safari akan dibuka dari pukul 08.30 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan dan libur nasional akan dibuka lebih awal pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sedangkan untuk Safari Malam akan dibuka di akhir pekan dari pukul 17.00 hingga 21.00 WIB

Rute menuju Taman Safari Bogor
Menggunakan kereta api: dari Stasiun Bogor bisa naik angkutan umum nomor 02 turun di Sukasari seharga Rp4 ribu. Setelah di Sukasari naik angkutan umum jurusan cisarua seharga Rp8 ribu, lalu turun di pertigaan Taman Safari Cisarua. Kamu bisa melanjutkan perjalana dengan naik ojek motor.

Menggunakan mobil pribadi: dari Jakarta masuk ke Tol Jagorawi, lalu keluar di Gadog atau Ciawi untuk menuju ke Cisarua, Bogor. Ketika sampai di Jalan Raya Puncak, belok ke kanan, dan masuk ke Jalan Taman Safari. 

Penginapan
Taman Safari menyediakan berbagai jenis penginapan. Ada beberapa pilihan akomodasi, yaitu Safari Lodge (bentuknya seperti hotel biasa), Taman Safari Caravan, Rumah Pohon Taman Safari, Bungalow dan Villa Hijau. Taman Safari Lodge sendiri berkisar antara Rp600 ribu sampai Rp2 juta per malamnya.

Artikel ini ditulis oleh Wildan Alghifari - Bogor
back to top