Penggalian Fosil Kura-kura Seukuran Mobil

News 13 Februari 2020

raksasa kura-kura fosil

Foto: scitechdaily.com


Fosil kura-kura seukuran mobil sedan telah ditemukan di tempat yang sekarang disebut Amerika Selatan bagian utara. Kura-kura yang diberi nama ilmiah Stupendemys geographicus, diyakini telah menjelajahi wilayah itu antara 13 dan 7 juta tahun yang lalu.

Fosil pertama kura-kura itu ditemukan di Gurun Tatacoa, Kolombia dan wilayah Urumaco di Venezuela. Fosil Stupendemys pertama ditemukan pada 1970-an tetapi banyak misteri yang tersisa tentang binatang sepanjang 4 meter itu.

Kura-kura itu ukurannya jauh lebih besar dari manusia. Yang jantan punya semacam tanduk yang menjorok ke depan di kedua sisi cangkangnya. Bekas luka dalam yang ditemukan pada fosil menunjukkan bahwa tanduk itu mungkin digunakan seperti tombak untuk melawan musuh.

Para peneliti mengatakan mereka telah menemukan cangkang sepanjang 3 meter dan tulang rahang bawah yang memberikan informasi lebih banyak tentang makanan mereka.



Peneliti menduga kura-kura raksasa hidup di dasar danau dan sungai bersama buaya raksasa, memakan beragam makanan hewan kecil, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan biji-bijian.

Ukuran besar Stupendemys sangat penting dalam mempertahankan diri dari predator besar lainnya. Salah satu fosil Stupendemys ditemukan dengan gigi buaya raksasa yang tertanam di dalamnya.

raksasa kura-kura fosil

Berita Terkait

Berita Video