Taman Batu Hanjuang, Destinasi Liburan Asik Bareng Keluarga

Food & Travel 14 Februari 2020

kuningan hanjuang batu taman wisata

Foto: pesonawisataindonesia.com


Kabupaten Kuningan adalah sebuah kota kecil yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Keindahaan alamnya sudah tidak diragukan lagi jika berkunjung ke sini.

Banyak sekali wisata-wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Kuningan, mulai dari wisata alam, wisata religi, atau wisata lainnya.

Kali ini, kamu akan diajak menengok sebuah wisata alam baru yang menghadirkan pemandangan alam dengan konsep bebatuan alami dan sangat cocok untuk dijadikan berkumpul bersama keluarga. Tentu tempat ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan wisata alam lainnya.

taman batu hanjuang
Foto: cirebonbribin.com

Liburan Bersama Keluarga
Namanya adalah Taman Batu Hanjuang. Lokasinya berada di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Tempat ini sangat mudah di jangkau oleh kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Tidak jauh pula dari perbatasan antara Kabupaten Kuningan–Cirebon.

Taman Batu Hanjuang menghadirkan pemandangan bebatuan yang sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto bersama keluarga ataupun kerabat. Dulunya tempat ini adalah bekas pertambangan bebatuan ataupun pasir, dan sekarang diubah menjadi sebuah obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh warga sekitar dan juga warga luar kota.

Selain menghadirkan bebatuan, Taman Batu Hanjuang ini juga menghadirkan spot-spot menarik yang pastinya instagramable dan sangat cocok bagi pecinta fotografi bertema alam.

Selain itu, taman ini menawarkan sebuah kolam renang yang cocok untuk tempat bermain air anak dan remaja yang ingin menikmati dinginnya air dibawah kaki Gunung Ciremai. Di sini juga banyak disediakan sebuah gazebo (tempat beristirahat) berukuran tidak terlalu kecil. Jadi tak perlu khawatir untuk membawa banyak anggota keluarga, karena disediakan tempat memadai.

taman batu hanjuang
Foto: cirebonbribin.com

Informasi
Taman Batu Hanjuang buka setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Tiket masuknya sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 untuk dua orang pengunjung dan 1 kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya tiket masuk dengan tarif Rp30.000. Jika datang rombongan, dikenakan tarif tiket masuk Rp5.000 per orangnya. Tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi
Lokasinya memang sangat mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan bermodalkan maps, kamu sudah bisa menemukan tempat wisata Batu Hanjuang ini dengan mudah, terlebih akses jalannya bagus tanpa harus khawatir hambatan.



Tempat wisata ini tidak jauh dari perbatasan antara Kuningan dan Cirebon. Jika datang dari arah itu, hanya perlu menempuh jarak sekitar 12km, dengan memakan waktu kurang dari 25 menit. Kamu bisa melalui jalan dari arah Beber (Cirebon) ke arah Sampora (Kuningan) lalu ke arah Caracas, dan belok ke kanan ke arah Kaliaren atau melalui arah Mandirancan, setelah itu ke arah Cibereum dan sampai di Taman Batu Hanjuang.

Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan berupa rindangnya pepohonan yang terbilang masih asri dengan udara sangat sejuk. Rasanya betah berlama-lama di tempat ini.

Sekitaran tempat wisata ini memang belum banyak pemukiman warga. Terlebih belum tersedia tempat penginapan seperti hotel atau yang lainnya di dalam lokasi wisata. Tapi kamu bisa mencari tempat penginapan di sekitaran Kuningan atau Cirebon lantaran tidak begitu jauh, hanya membutuhkan beberapa menit saja.

taman batu hanjuang
Foto: saegaleri.com

Fasilitas
Walaupun terbilang baru, tetapi fasilitas yang ada pada tempat wisata alam ini sudah sangat memadai untuk dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola taman batu hanjuang:
- Gazebo (Tempat beristirahat)
- Kolam terapi ikan
- Spot foto yang kekinian
- Area Parkir
- Kolam Renang
- Toilet
- Mushola
- Kantin

Itu adalah beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan ketika berkunjung ke Taman Batu Hanjuang ini. Dan ketika kamu sudah membayar tiket masuk, maka kamu tidak perlu membayar lagi untuk menikmati fasilitas yang ada di dalamnya, seperti toilet, kolam renang, spot foto, dan yang lainnya.

Ditempat ini juga tersedia kantin, tapi jumlahnya belum begitu banyak. Harga makanannya pun masih sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal. Kebanyakan pengunjung membawa nasi sendiri dari rumah, dan makan bersama keluarga di gazebo yang sudah disediakan.

Jadi gimana, sudah siap untuk berkunjung ke wisata alam Taman Batu Hanjuang? Dengan harga tiket masuk yang murah meriah dan menghadirkan keindahaan alam tentu bikin kamu tak sabar mengunjunginya.

Ajak keluarga besar kamu untuk berkunjung kesini, karena disediakan fasilitas yang memadai untuk kumpul bareng. Memang Taman batu hanjuang adalah tempat paling cocok buat dijadikan lokasi ngobrol bareng keluarga atau orang-orang tersayang.
Artikel ini ditulis oleh Heru Hendriyana

kuningan hanjuang batu taman wisata

Berita Terkait

Berita Video