Es Sekoteng Bungsu 29, Segarnya Sudah Dirasa Sejak 1962

Food & Travel 13 Februari 2020

bandung sekoteng legendaris kuliner

Foto: Instagram/@julie.w_kitchen


Lagi jalan-jalan di Bandung dan bingung mencari tempat kuliner legendaris? Yup, Es Sekoteng Bungsu 29 mungkin bisa menjadi pilihan. Segarnya es ini sudah dirasa sejak tahun 1962.

Sekoteng adalah salah satu jenis minuman tradisional yang berasal dari tanah Jawa. Minuma ini sangat digemari lantaran aroma jahenya yang kuat dan memiliki citarasa sedikit pedas.

Umumnya, sekoteng disajikan selagi panas. Minuman ini juga biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan badan, khususnya di malam hari yang dingin.

Tapi buat kamu yang penasaran mencicipi sajian sekoteng paling terkenal di seantero Bandung, maka sangat tepat jika mengunjungi Es Sekoteng Bungsu 29.

Minuman sekoteng di sini berbeda dengan sekoteng di tempat lainnya. Pasalnya sajian Es Sekoteng Bungsu 29 diberi es serut dan punya rasa lebih manis plus segar. Menariknya tersedia aneka campuran toping.

es sekoteng bungsu 29
Foto: Instagram/@makanpakereceh

Sajian Es Sekoteng Bungsu 29 juga punya beberapa keunggulan dibanding kebanyakan kuliner Bandung lainnya. Salah satunya ada pada bahan-bahan olahan yang masih bersifat natural, dengan kata lain tidak ditambah zat kimia seperti pewarna dan pengawet.

Karena kenikmatannya, Es Sekoteng Bungsu 29 ini jadi populer. Terlebih lagi jika diminum saat cuaca sedang panas, es sekoteng bisa menjadi penawar dahaga.

Beberapa toping yang ditawarkan seperti campuran sekoteng merah, potongan kelapa muda, irisan alpukat, kolang-kaling, dan susu krim vanila. Semua bahan utama itu menciptakan kesegaran tersendiri ketika menyantapnya.

Es batu yang dipakai pun bukanlah es balok biasa. Justru es batunya dipasok langsung dari produsen es rumahan yang dijamin kebersihannya.



gerobak es sekoteng
Foto: traveloka

Untuk menikmati Es Sekoteng Bungsu 29, kamu bisa menjumpainya di Jalan Veteran 29 RT 01/0340112, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung. Patokannya tidak jauh dari RS Bungsu atau persis berada di dekat Purimas 3 Cakes&Bakery.

Kedai Es Sekoteng Bungsu 29 ini cukup sederhana dengan konsep ruangan berbentuk lorong dan mimalis. Di dinding kedai, terpampang ratusan foto musisi ternama dunia.

Untuk makan di tempat, disediakan bangku kayu dan meja panjang yang mampu menampung kurang lebih 30 pengunjung. Sedangkan untuk gerobaknya ditaruh di bagian depan kedainya.

Menariknya, gerobak ini dibuat dari bahan kayu jati yang usianya sudah mencapai 50 tahun. Gerobak ini dijadikan ciri khas kedai.

kedai es sekoteng bungsu 29
Foto: traveloka

Selain tempat melepas dahaga, Kedai Es Sekoteng Bungsu 29 ini bisa dipakai sebagai tempat nyaman untuk nongkrong sejenak. Bahkan di waktu tertentu, digelar live music dengan sajian lagu lawas.

Dalam seharinya, kedai ini mampu menyediakan 200 gelas es sekoteng. Sedangkan untuk akhir pekan, bisa mencapai 400 gelas.

Nah buat kamu yang ingin mencicipi kesegaran Es Sekoteng Bungsu 29, cukup membayar dengan harga Rp15.000 saja per porsi. Untuk jam operasional, Es Sekoteng Bungsu 29 dibuka setiap hari, pada pukul 08.00 WIB-18.00 WIB, khusus sabtu-minggu pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.
Artikel ini ditulis oleh Jihan

bandung sekoteng legendaris kuliner

Berita Terkait

Berita Video