Kisah Sopir Angkot Narik Sambil Bawa Bayi

News   12 Februari 2020
Foto: Tribun Jateng/Iwan Arifianto


Kisah hidup seorang sopir angkot di Semarang, Jawa Tengah menarik atensi publik. Lantaran ditinggal meninggal oleh istrinya, ia terpaksa bekerja sembari membawa bayinya yang berusia 3,5 bulan.

Dirangkum kompas.com, pria bernama Nurul Mukminin ini tak menyangka bila kisah hidupnya menuai empati masyarakat. Pria berusia 46 tahun ini sehari-hari bekerja sebagai sopir angkot sambil membawa bayinya yang masih sangat kecil.

Cerita bermula ketika sang istri, Ariani Dwi Setyowati (21) meninggal dunia pada bulan November 2019. Ia meninggal setelah menderita sakit asam lambung.

Karena tak ada yang dapat merawat buah hatinya, pria asal Bengkulu ini terpaksa membawa kedua anaknya, Balqis Choirun Najwa (7) dan Bilqis Choirun Nisa (3,5 bulan). Sudah sebulan belakangan, kerja sambil bawa anak dilakukan oleh Nurul.

nurul mukminin
Foto: Tribun Jateng/Iwan Arifianto

Pria lulusan sarjana pendidikan ini menuturkan, usai mengantar Najwa ke sekolah di SD Pancasila Semarang, ia lalu memandikan si kecil Bilqis di Terminal Mangkang.

Pendapatan sebagai sopir angkot hanya sekitaran Rp50.000 sampai Rp70.000 setiap harinya. Kondisi ini membuat hidup Nurul banyak kekurangan.

“Setiap hari penghasilan Rp50.000 sampai Rp70.000. Cuma cukup buat beli susu sama pempers Bilqis,” ujar Nurul.

Nurul juga diketahui masih memiliki tanggungan biaya operasi almarhum istrinya saat dirawat di rumah sakit sebesar puluhan juta rupiah. Jadi ia masih harus mengangsurnya sampai lunas.

Nurul juga mengaku, dirinya sempat menitipkan Bilqis kepada tetangganya yang bernama Mbah Sawi (60). Tapi karena biaya hidup makin membengkak, ia merasa kewalahan bila harus membayar biaya jasa asuh Mbah Sawi.

“Saya tidak bisa memberi apa-apa. Apalagi yang ngasuh sudah tua ya. Akhirnya saya nekat bawa Bilqis pergi kerja,” ujar Nurul.

nurul mukminin
Foto: Instagram/@baimwong

Setelah kisah hidupnya viral, keluarga Nurul mulai banyak menarik empati masyarakat. Salah satunya adalah artis ibu kota Baim Wong.

“Banyak dermawan yang memberikan sumbangan. Sore tadi juga sempat dikunjungi Pak Wali Kota. Sebelumnya Baim Wong juga datang dan melunasi biaya rumah sakit,” kata Nurul.

Nurul pun berdoa agar kedua anaknya bisa hidup berkecukupan dan meraih cita-citanya.

“Ini sangat menguatkan dan memotivasi. Karena tadinya sempat patah semangat,” pungkas Nurul.
back to top