Manfaat Sarapan Yogurt, Menghindari Depresi

Health   11 Februari 2020
Foto: Shutterstock/Gulsina


Siapa pun bisa mengalami stres atau depresi. Bahkan tanpa bisa diprediksi kapan datangnya, depresi bisa muncul di pagi hari.

Diketahui, depresi ini kebanyakan munculnya adalah lantaran begitu banyaknya beban pikiran atau pekerjaan yang menekan batin.

Banyak cara untuk menghindari gejala depresi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir detikhealth, sebuah studi mengungkap bahwa dengan menambahkan yogurt ke dalam salah satu menu makanan bisa membantu mencegah depresi. Kandungan yogurt dipercaya memiliki banyak probiotik yang membantu tubuh dalam memerangi depresi.

Untuk membuktikan hasil studi itu, para ahli kemudian membuat penelitian lebih lanjut. Melalui media berupa tikus, hewan pengerat itu dikondisikan dalam posisi tingkat stres tinggi hingga mulai menunjukkan gejala depresi.

Setelah itu, tikus percobaan itu diberikan yogurt. Hasilnya para peneliti menemukan adanya hubungan antara kesehatan mental dengan bakteri di dalam usus.

Para peneliti melanjutkan, terungkap bahwa tingkat Lactobacillus (bakteri baik) di usus juga berpengaruh dengan tingkat metabolisme darah yang disebut kynurenine. Senyawa ini dikaitkan dengan perkembangan depresi.

Didapat, bakteri Lactobacillus mampu membantu menyeimbangkan kadar kynurenine di dalam darah. Bila tingkat bakteri menurun, maka gejala depresi mulai muncul. Begitupun sebaliknya, jika bakteri baik di usus meningkat, tingkat depresi akan menurun.
back to top