Telan Dana Rp1 M, Patung Gajah Abstrak Jadi Sorotan

News   10 Februari 2020
Foto: Detikcom/Deny Prastyo Utomo


Dianggap tidak memuaskan, patung gajah abstrak yang menghiasi Gresik jadi viral. Patung ini makin mendapat sorotan setelah diketahui dana untuk membangunnya tidak sedikit, yakni mencapai Rp1 miliar.

Dilansir IDN Times, warganet menilai sebuah Patung Gajah Mungkur wujudnya mengecewakan. Karena bentuknya yang tak biasa, patung yang berdiri di Perlimaan Sukorame, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini jadi sorotan di media sosial.

Diketahui, warganet menganggap bahwa bentuk patung gajah berwarna abu-abu itu abstrak. Bentuknya pun justru mengundang cibiran dan gelak tawa. Padahal pembangunan Patung Gajah Mungkur ini dilaporkan menelan dana sebesar Rp1 miliar.

Awalnya adalah akun bernama Maiyy Maiyy yang mengunggah foto tersebut ke media sosial Facebook. Bentuk patung dianggap tak punya detail jelas dan sama sekali tidak menyerupai seekor gajah. Postur patung ini juga terbilang kecil untuk seukuran gajah.

patung gajah abstrak
Foto: Facebook

Selain bentuknya yang abstrak, seni rupa ini juga menjadi sorotan lantaran dana pembuatannya menelan angka Rp1 miliar.

Sontak banyak warganet ikut memberikan komentar. Ada yang menganggap bentuknya lucu, ada juga yang menyayangkan dibuatnya patung tersebut karena pemerintah setempat seharusnya lebih bijak dalam menggunakan uang rakyat.

Dalam unggahannya, akun Maiyy Maiyy juga mengungkap bahwa uang sebesar Rp1 miliar untuk membangun patung tersebut bersumber dari dana tanggung jawab sosial (CSR) PT Petrokimia Gresik. Tapi untuk desain patung sepenuhnya dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Gresik.

“Dalam hal ini Pemkab Gresik minta sumbangsih dari perusahaan kami. Maka kami berniat membangun patung gajah mungkur. Untuk dana 1 M kami ambilkan dari dana CSR PT Petrokimia, tapi desain patung sepenuhnya dari pihak Dinas PUPR,” tulis Yusuf Wibisono di akun Maiyy Maiyy.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait keberadaan patung Gajah Mungkur, Pemkab Gresik menjelaskan alasan bentuk patung yang abstrak. Hal ini terkait dengan syariat Islam.

“Gresik kan Kota Wali. Dalam syariat Islam tidak boleh membuat patung atau sesuatu menyerupai bentuk aslinya. Maka dari itu, patung dibangun dalam bentuk abstrak,” kata Assisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Gresik, Ida Lailatussa'diyahIda.
back to top