Manfaat Minum Secangkir Kopi Sebelum Olahraga

Health   06 Februari 2020
Foto: Pixers


Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk meneguk secangkir kopi. Pasalnya minuman ini dapat meningkatkan mood dan energi.

Selain itu, pagi hari sangat efektif bagi seseorang untuk berolahraga. Lantas jika minum kopi dan olahraga di pagi hari digabungkan, apakah ada efeknya bagi tubuh?

Dilansir Jawapos dari Times of India, sebuah studi mengungkap minum kopi sebelum memulai olahraga bisa membuat tubuh jadi lebih bersemangat. Aktifitas olahraga akan terasa lebih menyenangkan.

Cara ini juga diklaim membantu seseorang menurunkan berat badan. Tapi yang perlu diperhatikan, kopi yang diminum haruslah kopi hitam!

Hasil penelitian yang tertulis di International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, bahwa atlet yang minum secangkir kopi sebelum olahraga bisa membakar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam.

Temuan lain adalah minum kafein di pagi hari membantu asupan kalori tetap terjaga sepanjang hari. Orang yang minum kafein makan 72 kalori lebih sedikit ketimbang orang lain.

Nah di bawah ini dijabarkan manfaat minum kopi di pagi hari sebelum mulai berolahraga:

1. Lebih Konsentrasi
Tetap fokus dan berkonsentrasi ketika menjalani rangkaian olahraga adalah hal penting. Kamu bisa terhindar dari resiko cedera dan lebih mudah mempertahankan bentuk tubuh secara tepat.

2. Fokus
Sebagian orang memang kesulitan untuk bangun di pagi hari. Dengan menenggak kopi, kamu bisa meningkatkan kewaspadaan dan membantu agar fokus selama menjalani berbagai gerakan olahraga.

3. Mengurangi Nyeri Otot
Para peneliti di University of Illinois mengungkap, kopi dapat mengurangi rasa nyeri otot usai melakukan gerakan olahraga secara intens. Tubuh pun akan jauh lebih bugar dan setiap gerakan olahraga hasilnya optimal.

4. Mencegah Lesu
Energi secara otomatis terisi dengan menenggak secangkir espresso hangat di pagi hari. Khasiat lainnya adalah menghindari rasa lelah dan lesu berlebih usai melakukan sesi olahraga.

Artikel ini ditulis oleh Jihan Aulia - Bandung
back to top