Kurangi Resiko Kanker dengan Menjalani Kiat Sehat Sederhana

Health 06 Februari 2020

kanker kesehatan

Foto: shutterstock/RossHelen


Penyakit kanker menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat dunia. Selain karena belum ada obatnya, kanker juga dapat meruntuhkan kepercayaan diri dan mental penderitanya.

Untuk beberapa kasus, timbulnya sakit kanker tidak bisa diprediksi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa meminimalisasi resikonya dengan beberapa hal. Apalagi kanker kerap dikaitkan dengan pilihan gaya hidup seseorang.

Nah berikut ini adalah sejumlah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker. Dirangkum kompas.com, apa saja kebiasaan sehat yang ampuh menjauhkanmu dari risiko penyakit serius?

1. Melindungi diri dari matahari
Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Tapi penyakit ini juga dapat dicegah. Hindari terlalu sering keluar antara jam 10.00 pagi hingga jam 16.00 saat sinar matahari bersinar kuat.

Jika keluar di bawah sinar matahari langsung, tutupi area kulit yang terbuka. Jangan lupa oleskan tabir surya sebelum pergi dan gunakan tabir surya SPF 30. Bahkan di hari berawan, oleskan tabir surya setiap 2-3 jam dan 15 menit sebelum bepergian.

2. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan adalah salah satu faktor kunci menurunkan risiko berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker payudara. Aktif secara fisik juga membantu menurunkan risiko kanker payudara dan usus besar.



Studi menemukan, aktivitas fisik membuat risiko terkena segala jenis penyakit fisik dan mental menjadi lebih rendah. Kamu perlu melakukan aktivitas fisik sedang selama 150 menit, atau 75 menit aktivitas fisik berat dalam seminggu.

3. Hindari tembakau
Produk tembakau seperti di dalam rokok diyakini dapat meningkatkan risiko kanker. Bagi seorang perokok pasif sekalipun berisiko terkena kanker paru-paru. Maka dari itu, berhentilah mengonsumsinya sebagai langkah pencegahan kanker.

4. Makan sehat
Pola makan sehat membantu mencegah risiko kanker. Pastikan mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan setidaknya lima porsi sehari. Jangan lupa tambahkan gandum utuh dan kacang-kacangan. Batasi pula makan daging yang diproses.

Laporan International Agency for Research on Cancer menyebut, makan daging olahan dalam porsi besar bisa meningkatkan risiko berkembangnya berbagai jenis kanker. Perempuan yang gemar menyantap buah, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan, untuk dicampur dengan extra virgin oil maka dapat mampu menurunkan risiko kanker payudara.

5. Rutin memeriksakan diri
Screening rutin bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker. Perawatan ini dianggap mudah dan rasio kesuksesannya lebih tinggi saat dideteksi dini.
Artikel ini ditulis oleh Jihan

kanker kesehatan

Berita Video