Budidaya Jagung Pelangi

Lifestyle   05 Februari 2020
Foto: twitter.com/detikcom


Jagung yang biasanya berwarna kuning kini sudah tidak lagi didominasi warna kuning. Di kebun seluas 3 hektar di kampung Lebak Saat, desa Curug, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat, ada jagung dengan corak warna mirip kain batik. Inilah varietas jagung unik hasil kreasi dari Luki Lukmanulhakim.

Ia sukses berinovasi dan membudidayakan varietas jagung langka yang juga dikenal dengan nama glass gem corn. Luki memulai usahanya dua tahun lalu dengan empat benih jagung asal Amerika yang ia dapat.

jagung
Sumber foto: twitter.com/detikcom
Dari empat benih yang ditanam, Luki berhasil menumbuhkan 12 varian baru jagung dengan kombinasi warna-warna cantik dan mencolok. Menurut Luki, varietas jagung miliknya ini memiliki keunggulan lain dari jagung jenis biasanya. Mulai dari nilai dari kandungan gizi hingga rasa yang dimiliki.

″Kala rasa mungkin tidak terlalu enak dibanding jagung biasa. Tetapi kandungan gizinya itu yang sangat menarik bagi kami. karena beberapa hasil riset dari luar negeri menyampaikan bahwa jagung ini sangat baik buat kesehatan. Untuk penderita diabetes, diet, obat kuat alami, anti kanker dan macam-macam,″ jelas Luki.

Kini kebun jagung milik Luki pun menjadi tempat wisata dadakan karena menjadi perbincangan di media sosial.

Anda bisa membeli jagung pelangi dengan harga Rp20.000 per kg. Harganya memang lebih tinggi dari harga jagung manis biasa yang dijual Rp2.000 per kilogram. Anda juga bisa membeli benih jagung pelangi ini dengan harga Rp500 per butirnya.
back to top