Hilangkan Stres dengan 5 Makanan Sehat

Health 04 Februari 2020

stres sehat makanan

Foto: iStock


Stres kerap dirasakan banyak orang di era modern ini. Jika dibiarkan berkepanjangan, dampak dari stres bisa mempengaruhi kesehatan, seperti gangguan fungsi pencernaan, imunitas tubuh, sampai ke sistem syaraf.

Sejatinya, stres dapat diredakan dengan banyak cara. Selain rutin berolahraga, kamu bisa meredakan stres dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi.

Adapun jenis makanan yang dianggap efektif menurunkan stres adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Di dalam cokelat hitam terkandung banyak sekali antioksidan. Namun, selain cokelat masih banyak sumber makanan yang dapat menurunkan 'kadar' stres.

Diketahui, saat kamu terserang stres, tubuh sebetulnya cenderung butuh nutrisi-nutrisi tertentu seperti selenium, magnesiun, vitamin B dan C. Nantinya, nutrisi itu berpengaruh pada jaringan syaraf di tubuh sehingga kamu dapat mengontrol suasana hati.

Dirangkum kompas.com, di bawah ini adalah beberapa makanan alami yang membantu menenangkan suasana hati dan redakan stres:

1. Gandum utuh
Karbohidrat membantu tubuh memproduksi insulin. Kandungan karbohidrat di dalam gandum utuh bisa membantu tubuh dalam membuat insulin. Dengan produksi insulin yang baik, memungkinkan triptofan dan asam amino untuk masuk ke otak. Dampaknya adalah membuat kamu menjadi lebih tenang dan merasa baikan.



2. Alpukat
Alpukat mengandung tinggi asam lemak omega 3, Vitamin A dan E, serta nutrisi penting lainnya. Kandungan itu diyakini mampu meredakan stres. Seperti nutrisi asam lemak omega 3, manfaatnya adalah menurunkan stres, depresi atau rasa cemas.

3. Oatmeal
Oatmeal dipercaya bisa membantu mengatur hormon stres serotonin. Kandungan oatmeal berupa magnesium dan vitamin B membantu meningkatkan suasana hati yang sedang galau.

4. Sayuran hijau
Begitu banyak sayuran berdaun hijau tersedia di pasaran. Seperti bayam atau kale, sayuran ini begitu kaya magnesium. Manfaat dari mineral ini adalah membantu meregulasi kortisol. Sejumlah studi mengungkap mereka yang tingkat magnesium di tubuh rendah cenderung gampang stres.

5. Ikan
Ikan seperti salmon, sarden, makerel, hingga tuna memiliki kandungan akan asam lemak omega 3, Vitamin B6 dan Vitamin B12 yang melimpah. Semua nutrisi itu diyakini mampu melawan stres. Biasakan diri mengonsumsi ikan-ikan itu setidaknya dua kali dalam seminggu.
Artikel ini ditulis oleh Jihan

stres sehat makanan

Berita Terkait

Berita Video