Mahasiswi Papua di Jerman Kuliah Jurusan Teknik Laser

Woman   29 Januari 2020
Foto: DW Indonesia


Dolfina Mansnembra adalah mahasiswi asal Biak Papua, yang saat ini tengah kuliah jurusan teknik laser di Fachhochschule Münster, Jerman. Berikut kisahnya sebagai seorang mahasiswi di Jerman, seperti yang kami kutip dari channel DW Indonesia.

Dolfina memilih jurusan teknik laser awalnya karena benci dengan pelajaran fisika. Tapi karena rasa benci itu akhirnya dia mencoba untuk mempelajarinya lebih dalam lagi. Akhirnya setelah mempelajari lebih dalam lagi, dia makin tertarik dan akhirnya memilih untuk mengambil jurusan teknik laser.

Ia melihat teknik laser adalah sesuatu yang baru dan perkembangannya cukup menjanjikan untuk masa depan. Salah satu tantangannya kuliah di jurusan itu adalah ia menjadi satu-satunya wanita dalam satu angkatan. Alhasil ia sempat merasa kesulitan untuk berkawan dengan semua pria di kelasnya, karena yang mereka bicarakan tak jauh dari mesin dan alat-alat terbaru. Akhirnya saat praktikum di Lab ia mengalami kesusahan. Untuk mengatasinya, ia memberanikan diri bertanya langsung.

mahasiswi

Setelah pulang kuliah dia sering mengunjungi Selbstlernbereich, tempat yang biasa dipakai mahasiswa untuk kerja kelompok, diskusi atau mengerjakan tugas. Di sini ia sering berdiskusi soal pelajaran dengan mahasiswa lainnya. Sebagai murid asal Indonesia, di sana Dolfina tidak sendiri. Di jurusan teknik laser, ada lagi satu mahasiswa dari Indonesia namanya Muhamad Yunus yang sering dia ajak untuk diskusi. Di luar perkuliahan, Dolfina juga aktif di Perhimpunan Pelajar Indonesia Münster.

Dolfina tinggal di asrama yang lokasinya tidak jauh dari kampus. Setelah 5 tahun tinggal di Jerman Dolfina mengaku banyak sekali mendapat pelajaran hidup. Dia jadi jauh lebih mandiri dan lebih berani karena di Jerman semuanya harus dia urus sendiri.
back to top