6 Aplikasi Belajar Coding Buat Anak-anak

Techno 19 Desember 2019

Sumber foto:https://kids.lovetoknow.com

Membicarakan modal untuk masa depan, anak-anak sebenarnya harus belajar coding sedari kecil. Sementara setiap anak mungkin lebih suka menjadi gamer profesional, keterampilan coding masih akan diminati selama bertahun-tahun yang akan datang. Melalui penggunaan imajinasi, teka-teki dan permainan, kegiatan coding bisa menyenangkan dan menghibur. Menemukan aplikasi yang dapat membantu mengajari anak-anak Anda coding itu mudah. Berikut adalah beberapa pilihannya.

1. CodeSpark Academy
CodeSpark Academy adalah salah satu aplikasi coding paling terkenal untuk anak-anak usia 4 hingga 10. Dengan lebih dari 20 juta anak di lebih dari 200 negara menggunakan aplikasi ini, jelas terlihat mengapa ini menjadi aplikasi favorit.

Menggunakan antarmuka "tanpa kata" yang sudah dipatenkan, anak-anak diperkenalkan pada dasar-dasar pemrograman komputer. Melalui kegiatan interaktif, teka-teki, dan proyek kreatif selangkah demi selangkah, pembelajaran jadi menyenangkan dan menarik. Pelajarannya didasarkan pada upaya kolaboratif dengan tim di MIT, Princeton, dan Carnegie Mellon. Aplikasi ini gratis tapi meminta biaya $7,99 per bulan untuk melanjutkan pelajaran.

codespark
Sumber gambar:codespark.com
 
2. Kodable
Bagus untuk anak usia 4 hingga 10 tahun, Kodable (hanya tersedia di iOS) adalah kurikulum coding yang digunakan oleh lebih dari 50 persen sekolah dasar di AS. Aplikasi ini mengklaim bahwa anak-anak yang mulai menggunakan Kodable saat TK, akan bisa coding dalam Javascript saat kelas lima. Aplikasi ini meminta tarif mulai dari $6,99 per bulan, atau dapat dibeli seharga $59,99 untuk 12 bulan pelajaran.

kodable
Sumber gambar:kodable.com

3. LightBot
Diperuntukkan buat anak usia 4 hingga 13, LightBot bisa diperoleh di Amazon, Google Play, dan iOS. LightBot membuat coding jadi menyenangkan melalui penggunaan game dan puzzle. LightBot adalah pilihan yang baik untuk anak-anak yang sudah sedikit berpengalaman di bidang oding. Ada 20 level gratis untuk memulai dan lebih dari 50 level total dalam versi berbayar seharga $2,99. Maju ke pelajaran yang lebih kompleks, membutuhkan keterampilan dan bakat yang dapat dikembangkan anak-anak melalui pelajaran interaktif.

lightbot
Sumber gambar:lightbot.com

4. Box Island
Box Island adalah salah satu aplikasi paling menarik karena dirancang untuk terasa seperti video game sembari mendidik. Tersedia untuk Android dan iOS, dalam aplikasi ini anak-anak usia 7 tahun ke atas harus membantu karakter bernama Hiro, berkeliling pulau dan menghindari rintangan berbahaya. Anak-anak segera terbenam dalam dunia game 3D yang ideal untuk anak-anak yang lebih suka bermain video game. Gameplay naratif menyenangkan dan menyenangkan, membantu menjaga anak-anak tetap terpaku di layar selama berjam-jam. Anak-anak akan mengontrol setiap urutan permainan melalui drag-and-drop, sembari memastikan anak-anak belajar keterampilan memecahkan masalah. Harga Box Island berkisar dari $2,99 hingga $7,99, tergantung pada tingkat keahlian.

box island
Sumber gambar:apkpure.com

5. Tynker
Digabungkan dalam kurikulum sekolah dasar di seluruh dunia, Tynker adalah aplikasi luar biasa untuk anak-anak. Dengan beberapa tutorial langkah demi langkah terbaik dalam coding, tidak mengherankan bahwa Tynker sangat populer di kalangan guru. Diperuntukkan buat anak-anak usia 4 tahun ke atas, dan tersedia di iOS dan Android.

Harganya cukup mahal, berkisar antara $1,99 untuk satu pelajaran hingga $ 95,99 untuk keseluruhan aplikasi.

Tynker melakukan pekerjaan yang fantastis dalam mengajar anak-anak untuk mengeksplorasi STEM (science, technology, engineering and mathematics) dengan cara baru dan menarik. Mereka juga dapat belajar untuk memodifikasi Minecraft atau memprogram drone sesuai keinginan.

tynker
Sumber gambar:tynker.com

6. ScreenPlay
Pilihan luar biasa untuk anak usia delapan tahun ke atas. Untuk maju ke pelajaran baru, pengguna harus mempelajari konsep pemrograman dasar. Berbagai macam teka-teki memastikan aplikasi ini tidak membosankan. Dengan harga hanya $0,99, aplikasi ini sulit untuk diabaikan. ScreenPlay hanya tersedia di iOS.

screenplay

Kesimpulan
Keterampilan dan kemampuan dalam coding akan memainkan peran utama dalam memperoleh peluang kerja potensial di masa depan. Membantu anak-anak mempelajari coding sekarang dengan cara yang interaktif dan menyenangkan akan membantu mereka di jalur yang benar. Bantu anak-anak Anda mempersiapkan masa depan mereka mulai hari ini, dan mereka akan siap untuk masa depan. 

Tags : aplikasi anak belajar coding



Berita Terkait

Techno

Blanjo, Aplikasi Belanja Oleh-Oleh Khas Jambi

Blanjo merupakan aplikasi belanja khusus menjual beragam jenis oleh-oleh khas Jambi.

26 Sep 2021

Kuliner

Nongkrong Sekaligus Belajar Hanya di Cil.Room

Cafe yang menyediakan perpustakaan dengan meja, kursi, dan buku–buku gratis untuk dibaca.

15 Agt 2021

Techno

Pakai Couchsurfing Untuk Jalan-Jalan Sambil Nambah Teman Baru

Di aplikasi ini kamu bisa menemukan penginapan gratis serta teman-teman baru.

13 Agt 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Travel

Tenang dan Sunyinya Sanghyang Poek

Goa karst ini memiliki material berupa batuan gamping yang sudah melalui proses pelarutan.

09 September 2020

Travel

Lawang Ombo, Saksi Bisu Perdagangan Candu di Lasem

Rumah ini dijadikan sebagai alternatif penyelundupan candu dari China untuk diperdagangkan ke daerah lain di Jawa.

06 Oktober 2020

Techno

Pohon Tenaga Surya

Penerangan sekaligus tempat ngecas.

23 Februari 2020

Travel

Menyejukkan Diri di Wisata Alam Gosari

Salah satu tempat wisata yang menyejukkan di Gresik.

15 September 2020

Travel

Goa Buni Ayu, Mengintip Keindahan Perut Bumi

keindahan alam yang tersembunyi di dalamnya

15 Januari 2021

Terbaru

more

Kuliner

Nyamannya Nugas Sambil Ngopi di Kopi Garasi

Cafe ini hadir dengan konsep minimalis dengan varian menu yang kekinian.

29 September 2021

Travel

Berkunjung Ke Klenteng Tertua di Bekasi, Hok Lay Kiong

klenteng ini berdiri sejak tahun 1700.

29 September 2021

Kuliner

Leren Sejenak dari Hiruk Pikuk Yogyakarta di Leeren by Curio Espresso

Tempat istirahat sejenak dari kesibukan kota Jogja tanpa harus menempuh jarak jauh.

28 September 2021

Travel

Keindahan Alami Air Terjun Pancor di Pedalaman Desa Pakuniran

Dikelilingi oleh hutan dan airnya sangat jernih karena berasal dari mata air gunung.

28 September 2021

Travel

Pesona Menawan di Pantai Indah Widarapayung

Selain bermain air di pantai disini juga dapat mengendarai kuda yang ada di pinggir pantai.

28 September 2021

Berita Video

more