Di Solo Ada Penjual Takoyaki Asli Orang Jepang

Food & Travel   16 Desember 2019

Sumber: Brilio.net/Syamsu Dhuha

Diantara ragam varian kudapan asal Jepang, takoyaki bisa jadi adalah panganan yang paling digemari orang Indonesia. Pasalnya banyak penjual takoyaki menjajakan dagangannya di kaki lima dan laris manis.

Namun di Solo, ada satu warung takoyaki yang penjualnya merupakan orang asli Jepang. Sosoknya pun menjadi viral dan membuat antrian pembeli kerap mengular.

Adalah Hada Hiroshi (62), orang Jepang yang membuka warung takoyaki di Pucangsawit, Solo, Jawa Tengah. Bersama dengan istri tercinta, Nurul Dewi (42), Hiroshi yang pernah bekerja di Jepang ini memutuskan buka warung takoyaki karena tak betah menganggur.

Nurul pun mendampingi suaminya berjualan untuk membantu Hiroshi yang masih belum lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Terkadang Hiroshi masih mengandalkan smartphone sebagai alat penerjemah.

takoyaki
Sumber: Brilio.net/Ivanovich Aldino

Sekitar setahun yang lalu, warung Hiroshi dibuka. Warung bermodal gerobak itu berdiri di pos kamling di daerah Kemplong. Saat itu, harga takoyaki dijual murah meriah, yakni Rp500 per biji tanpa isian gurita.

Lalu di bulan Juli 2019, warung tersebut dipindah ke rumah adiknya. Hingga kini, lokasi tersebut masih menjadi tempat berjualan. Menariknya lagi, dagangan Hiroshi makin laris.

Nurul mengungkap, banyak pembeli memesan dua jam sebelum warung dibuka, yakni pada pukul 15.00 WIB. Dalam waktu singkat semua dagangan ludes terjual.

Kelezatan takoyaki racika Hiroshi begitu dinanti-nanti pelanggan setianya karena diracik langsung pria asal Jepang.

“Semua bumbu-bumbu diracik Hada,” ujar Nurul.

takoyaki hiroshi
Sumber: Brilio.net/Syamsu Dhuha

Namun memang proses memasak takoyaki cukup memakan waktu. Nurul menjelaskan, tiap menu masakan dilakukan secara manual dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Inilah yang membuat para pelanggan memutar otak agar tak kelamaan menunggu.

“Sekarang para pembeli pesan dulu, kira-kira datang kembali jam berapa, biar gak kelamaan nunggunya,” tutur Nurul.

Soal harga, takoyaki buatan Hiroshi masih terjangkau oleh semua kalangan. Seporsinya cukup dinikmati seharga Rp10.000.

takoyaki hiroshi
Sumber: Facebook/@jerejerejeje

Bukan hanya takoyaki, Hiroshi juga menawarkan kudapan khas Jepang lainnya yaitu gyouza. Adapun gyouza disajikan dengan dua varian, yakni goreng dan bakar. Menu ini dibanderol Rp5.000 per porsi.

Menu lain yang tak kalah mengundang selera adalah ramen dengan empat varian rasa, yaitu syoyu dan shio seharga Rp12.000, lalu kare dan miso harganya Rp13.000.

Nah jika kamu penasaran, datanglah ke warung takoyaki Solo Hada Hiroshi yang buka dari pukul 15.00-20.00 WIB.

Artikel ini ditulis oleh Jihan Aulia - Bandung
back to top