Pura Ulun Danu Beratan, Wisata Religi yang Menyamar Jadi Wisata Alam

Food & Travel   06 Desember 2019
Foto:


Jika berencana berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk mampir ke Pura Ulun Danu Beratan. Memang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Denpasar, namun keindahannya akan mengalahkan semuanya.

Jika datang dari Denpasar, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 55 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dijamin tidak akan bosan selama di perjalanan karena akan disuguhi banyak pemandangan eksotis khas Bali ditambah dengan panorama pegunungan hijau. Jangan lupa siapkan jaket untuk melindungi dari udara dingin yang menusuk tulang.

Rasakan Pelayanan Mewah di Handara Golf & Resort Bali
Jika tidak ingin menempuh perjalanan jauh, bisa juga menginap di Handara Golf & Resort Bali, yang lokasinya hanya berjarak 3 km dari Pura Ulun Danu Beratan. Di sana Anda bisa mendapatkan pengalaman menginap di resort dengan pelayanan mewah kelas atas dan menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Karena tepat di belakang resort Anda akan menemukan perbukitan hijau yang cukup cantik.

Sebelum masuk ke resort, Anda juga akan melewati Handara Gate yang kini sudah menjadi ikon dari wisata Bali. Bagi para penghuni resort tidak akan dipungut biaya untuk berswafoto di gapura tersebut, sementara untuk non-penghuni harus membayar biaya sebesar Rp20 ribu untuk berswafoto selama kurang lebih 5 menit di depan Handara Gate.

handara

Pura Ulun Danu Beratan
Sementara untuk berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan disarankan pada pagi hari di mana kabut masih belum begitu pekat menyelimuti, karena lokasinya sendiri berada pada ketinggian sekitar 1200 mdpl. Untuk bisa masuk para pengunjung hanya akan dipungut biaya sebesar Rp20 ribu. Pura ini bisa dibilang cukup unik, karena terletak tepat di tepi danau Beratan dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Sehingga para pemeluk agama Hindu bisa sembahyang dan juga menikmati keindahan alam dalam satu tempat. Karena keunikannya tersebut, Pura Ulun Danu Beratan diabadikan dalam pecahan uang Rp50 ribu.

50

Untuk bangunannya juga cukup unik, karena Pura Ulun Danu Beratan memiliki bangunan pura yang berciri khas Bali. Dimana puranya terdiri dari 3 bangunan dengan tingkat atap yang berbeda-beda, yang di mana masing-masing bangunan menyimbolkan kepercayaan umat Hindu Bali terhadap para dewa. Untuk dewa Wisnu dilambangkan dengan atap bertingkat 11, dewa Brahma dilambangkan dengan 7 tingkat, dan dewa Siwa dilambangkan dengan 3 tingkat.

Menikmati Sisi Lain Pura dengan Menyewa Perahu
Untuk bisa menikmati setiap sudut dari danau Beratan, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Harganya pun cukup terjangkau, untuk sekali jalan dengan menggunakan perahu berkapasitas 4 orang Anda hanya akan ditarik biaya sebesar 100 ribu rupiah. Jika ingin lebih santai, bisa juga menyewa sepeda air.
back to top