Aplikasi Wajib untuk Memaksimalkan Penggunaan Komputer

Techno 25 November 2019

Sumber foto:grihshobha.in

Banyaknya jenis aplikasi dengan fungsi yang beraneka ragam, tidak jarang membuat penasaran pengguna untuk mencobanya satu per satu di komputer mereka.

Menginstal sebanyak mungkin aplikasi pada perangkat komputer memang tidak dilarang, namun risikonya kerja komputer akan menurun disebabkan beban aplikasi yang memenuhi RAM dan harddisk terlalu berlebihan.

Sebaliknya, ada juga mereka yang sedikit sekali menginstal aplikasi pada komputernya. Entah karena enggan, atau tidak tahu fungsi dari setiap aplikasi yang tersedia, atau karena sebab yang lainnya. Akibatnya, komputer pun tidak diberdayakan dengan maksimal, karena tidak didukung dengan aplikasi yang menyertainya.

Idealnya, menginstal aplikasi pada perangkat komputer memang tidak boleh terlalu berlebihan, apalagi dengan menginstal aplikasi yang memiliki fungsi sama. Namun, minimnya aplikasi sebaiknya juga tidak terjadi, karena untuk dapat bekerja dengan maksimal, komputer membutuhkan bantuan aplikasi dari luar.

Untuk memaksimalkan kinerja komputer itulah, lakukan instalasi beberapa aplikasi di bawah ini pada perangkat komputer Anda:

1. Driver
Driver adalah aplikasi yang fungsinya menghubungkan hardware dengan sistem operasi, agar saat dimasukkan aplikasi baru dapat segera mengenali dan menjalankan aplikasi baru tersebut sesuai dengan fungsinya. Pada umumnya driver merupakan bagian dari paket pembelian, jika perangkat komputer tersebut dibeli dalam kondisi baru. Pembelian komputer yang tidak disertai driver sebaiknya dihindari, karena jika dikemudian hari komputer tersebut mengalami masalah akan sulit untuk mendapatkan driver yang sesuai, dan harus mencarinya di situs resmi yang memproduksi komputer tersebut.

2. Antivirus
Proteksi terhadap perangkat komputer wajib dilakukan, apalagi jika kerap dipakai untuk mengakses internet. Usahakan untuk memasang satu antivirus saja. Sebab sebagian besar antivirus butuh sumber daya yang besar untuk menjalankannya, sehingga dapat memperlambat kerja dari komputer. Disamping itu, ada beberapa jenis antivirus yang menolak keberadaan antivirus yang lain, sehingga jika digabungkan dalam satu komputer dampaknya akan saling melemahkan.

antivirus
Sumber gambar: macworld.com

3. System Maintenance
Tidak berbeda halnya dengan tubuh manusia yang sekali waktu mengalami rasa capek, komputer juga dapat menurun kinerjanya. Sekali dua kali memang tidak terasa, tapi jika terlalu sering dioperasikan, kinerja komputer akan terasa berat. Untuk itulah perlu dilakukan pengecekan sistem sekaligus pembersihan file-file sampah yang menumpuk di harddisk dengan menggunakan system maintenance, seperti CCleaner, Advance System Care, maupun aplikasi lain yang sejenis.

4. .Net Framework
Pernah merasa bingung karena aplikasi yang Anda install tidak mau jalan? Kegagalan melakukan instalasi tersebut bisa jadi disebabkan karena belum adanya aplikasi .Net Framework pada komputer Anda. Aplikasi ini menjadi semacam fondasi dasar aplikasi lain.

5. MS Office
Seperti nama yang disematkan pada aplikasi ini, berbagai macam tugas kantor butuh bantuan MS Office untuk menyelesaikannya. Mulai dari pengetikan naskah, pembuatan tabel data, mengedit foto, membuat slide untuk presentasi, dan sebagainya. Karena kompoter dibeli tujuan utamanya untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas kantor atau tugas sekolah, MS Office tentunya menjadi aplikasi wajib yang harus diinstal di komputer.

6. PDF Viewer
Selain format DOC, saat ini banyak naskah yang ditulis dengan menggunakan format PDF. Tanpa adanya aplikasi PDF Viewer, naskah-naskah berformat PDF tersebut tidak mungkin dapat dibaca di komputer Anda. Karena itu, isi komputer Anda dengan salah satu aplikasi PDF Viewer yang bisa diunduh gratis di situs-situs penyedia aplikasi dan aplikasi yang tersebar di dunia maya, seperti Adobe Reader, Sumatra PDF, dan sebagainya.

7. Files Compress
Tidak jarang kita menerima kiriman file yang sudah dikompres atau sebaliknya mengirim file yang harus dikompres terlebih dahulu agar kapasitasnya lebih kecil dan lebih cepat terkirim. Untuk mengompres dan mengekstrak file itulah dibutuhkan aplikasi file compress, seperti Winrar, Winzip, dan aplikasi sejenis lainnya.

8. DirectX
Sama seperti .Net Framework, DirectX merupakan fondasi dasar untuk game. Karena aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengatasi berbagai macam masalah yang berhubungan dengan program multi media yang butuh resolusi tampilan tinggi.

9. Web Browser dan Flash Player
Jangan berharap bisa mengakses situs-situs di internet jika di PC/Laptop tidak terinstal web broser, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Baidu Browser, Google Chrome, atau Opera. Selain itu, Anda juga tidak akan dapat menikmati situs video portal, atau nonton video streaming tanpa kehadiran Flash Player. Karena itu kedua aplikasi ini wajib terinstal di komputer.

browser
Sumber gambar: hide.me

Tags : laptop komputer sofware aplikasi

Artikel ini ditulis oleh :

Agus Kurniawan
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Jember {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Techno

Blanjo, Aplikasi Belanja Oleh-Oleh Khas Jambi

Blanjo merupakan aplikasi belanja khusus menjual beragam jenis oleh-oleh khas Jambi.

26 Sep 2021

Techno

Pakai Couchsurfing Untuk Jalan-Jalan Sambil Nambah Teman Baru

Di aplikasi ini kamu bisa menemukan penginapan gratis serta teman-teman baru.

13 Agt 2021

Techno

Hearme.id, Gerakan Tangan untuk Saling Dengar

Aplikasi Hearme.id merupakan sebuah aplikasi yang dirancang oleh mahasiswi ITB untuk membantu masyarakat dalam berkomunikasi.

24 Mei 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Travel

Wisata Gratis di Hutan Mangrove Gunung Anyar

Suasana alamnya yang rindang dan asri menjadi daya tarik tersendiri.

23 Juli 2020

Kuliner

Crepes Tradisional Khas Cirebon

Namanya kue tapel terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan ketan serta kelapa parut.

18 Juni 2020

Travel

Birtaria Kassi, Primadona yang Kehilangan Pesona

Tak ada lagi masyarakat yang mau menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata.

06 November 2020

Travel

Pantai Puger di Jember, Tak Lekang Oleh Waktu

Tak pernah gagal dalam menarik perhatian wisatawan.

05 Februari 2021

Budaya & Gaya Hidup

Rumah Panggung Jambi, Rumah Adat Jambi yang Anti Banjir

Rumah panggung Jambi yang masih terjaga hingga kini

13 Januari 2021

Terbaru

more

Kuliner

Nyamannya Nugas Sambil Ngopi di Kopi Garasi

Cafe ini hadir dengan konsep minimalis dengan varian menu yang kekinian.

29 September 2021

Travel

Berkunjung Ke Klenteng Tertua di Bekasi, Hok Lay Kiong

klenteng ini berdiri sejak tahun 1700.

29 September 2021

Kuliner

Leren Sejenak dari Hiruk Pikuk Yogyakarta di Leeren by Curio Espresso

Tempat istirahat sejenak dari kesibukan kota Jogja tanpa harus menempuh jarak jauh.

28 September 2021

Travel

Keindahan Alami Air Terjun Pancor di Pedalaman Desa Pakuniran

Dikelilingi oleh hutan dan airnya sangat jernih karena berasal dari mata air gunung.

28 September 2021

Travel

Pesona Menawan di Pantai Indah Widarapayung

Selain bermain air di pantai disini juga dapat mengendarai kuda yang ada di pinggir pantai.

28 September 2021

Berita Video

more