Penampakan Kepiting Termahal di Jepang, Harganya Setara Mobil Mewah

News   13 November 2019

Sumber: AFP

Di Jepang, satu ekor snow crab berhasil dilelang dengan harga Rp647 juta. Apa keistimewaan kepiting ini hingga dihargai setara dengan mobil mewah?

Diberitakan CNBC, satu snow crab berhasil terjual dengan harga 5 juta yen atau jika dirupiahkan Rp 647 juta di tempat lelang Tottori, Jepang.

Kepiting ini dijuluki 'bintang lima bersinar' karena bentuknya mengesankan dan kakinya tebal. Kepiting seberat 1,2 kg dan lebar 14,6 cm ini berhasil diperoleh Tetsuji Hamashita, pedagang grosir ikan di Jepang.

“Saya tahu ini ekstrem. Tapi ini sudah menjadi kebiasaan,” kata Hamashita kepada CNN. Tahun lalu, snow crab berhasil dijual seharga $18.000 atau setara Rp 253 juta.

Hamashita mengaku, awalnya ia mengira akan mendapatkan snow crab ini dengan harga sekitar 3 juta yen, namun ternyata melonjak hingga 5 juta yen.

snow crab mahal
Sumber: nypost.com

Hamashita pun tak keberatan memboyong kepiting itu dengan harga fantastis. Menurutnya rasa kepiting ini cocok dengan harganya. Nantinya, kepiting mahal ini akan disajikan di restoran di Ginza Tokyo, tempat pengunjung dapat mencicipinya.

“Saya percaya ini adalah kepiting yang baik dan penuh dengan daging,” kata Hamashita kepada Japan Times.

Alasan mengapa kepiting ini dihargai selangit adalah karena waktu penangkapannya. Snow crab ini dicari saat musim sudah mulai berganti menjadi dingin, sekitar awal bulan November. Di Jepang, membeli kepiting hasil tangkapan pertama merupakan simbol status.

Diketahui, musim snow crab hanya berlangsung selama empat bulan di Jepang, yakni dari bulan November hingga awal Maret. Inilah yang membuat hidangan musiman ini begitu istimewa.

Menurut Michelin Guide, kondisi air yang dalam dan bersih di Tottori adalah tempat ideal untuk memancing kepiting. Menariknya, dalam beberapa tahun terakhir perubahan iklim membuat para nelayan lebih mudah menangkap snow crab. Mereka menganggap musim dingin kali ini tidak terlalu parah.

Namun itu bukan berarti menurunkan harga snow crab. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat, harga snow crab mencapai rekor pada tahun 2017, karena pasokannya sedikit namun permintaan global begitu tinggi.

Artikel ini ditulis oleh Jihan Aulia - Bandung
back to top