Banyak Diburu, Kuliner Baru Berupa Sup Alien

Food & Travel   29 Oktober 2019

Sumber: soranews24.com

Tren kuliner aneh sepertinya tidak akan pernah mati. Ada saja produsen yang menyajikan olahan unik ini. Nah di Jepang, lagi ngetren panganan baru berupa sup alien yang banyak diburu pecinta kuliner. Seperti apa?

Sup alien ini dijual dalam bentuk mie instan kemasan, namanya Fukuoka Alien Ramen. Adalah perusahaan makanan bernama Yoakedyaya di Yanagawa, Prefektur Fukuoka yang menyajikan mie unik ini. Produsen ini menjual makanan dari ikan yang bersumber dari Laut Ariake di sekitarnya.

Di dalam kemasannya, Ramen Alien ini berisikan beberapa potong ikan kecil bernama Odontamblyopus lacepedii atau warasubo. Oleh masyarakat sekitar, ikan ini terkenal dengan julukan 'Alien Laut Ariake'. Disebut mirip alien karena ikan ini punya tampilan menyeramkan, yakni mata yang kecil dan mulutnya penuh gigi. Selain itu, mie instan ini dilengkapi dengan bumbu kaldu dan sayuran kering.

ramen alien
Sumber: soranews24.com

Sama seperti mengolah mie instan pada umumnya, cukup dengan direbus atau hanya dengan menambahkan air panas dan menunggu beberapa menit hingga ikan mulai lunak.

Menariknya, potongan ikan warasubo ini sengaja disajikan utuh agar penikmatnya dapat melihat bentuk ikan yang disebut mirip alien ini. Sekilas terlihat mirip belut dengan tubuh kecil memanjang.

Ikan yang disajikan sebagai pelengkap ini sudah lebih dulu dipanggang hingga matang. Jadi tak perlu repot memasaknya lagi dan bisa langsung disantap. Ikan yang tadinya kering juga akan melunak dan menjadi lembut saat sudah diguyur air panas.

ramen alien
Sumber: soranews24.com

Bagi yang sudah mencicipi panganan ini, mereka mengaku jatuh cinta dengan kaldu dari ikan alien ini. Kaldunya juga memiliki warna yang tak biasa, yakni hijau tua.

Hanya saja tampilan ikan yang menyeramkan itu membuat beberapa dari penikmatnya mengaku malas dan seketika membuat selera nafsu makan hilang.

Namun bagi para penggemarnya, sup ini katanya semakin lezat jika disantap sambil minum sake. Rasanya yang gurih manis membuat mereka tak peduli dengan bentuk ikan seram ini.

So, buat kamu yang penasaran dengan sup alien ini, siap-siap merogoh kocek sebesar 540 Yen (sekitar Rp67.000).

Artikel ini ditulis oleh Jihan Aulia - Bandung
back to top