Pesona Berau di Tanah Borneo

Food & Travel 17 Oktober 2019

borneo kalimantan berau wisata



Sumber: instagram/@sahrul20_

Pernahkah kamu mendengar tentang Berau? Berau adalah sebuah kabupaten di ujung timur Kalimantan yang membuat semarak dunia pariwisata di salah satu pulau terbesar di Indonesia tersebut. Berau adalah surga kecil dengan beragam pilihan wisata bahari.

Berau dikenal oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terdapat 4 pulau besar yang menjadi daya tarik utama kabupaten ini, yakni Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Khusus untuk Pulau Derawan, pada tahun 2005 kemarin Pemerintah Indonesia mendaftarkan pulau ini ke UNESCO sebagai situs warisan dunia (world heritage). Hadir sebagai pristine island yang masih terjaga keasriannya, Pulau Derawan langsung dikenal oleh masyarakat dunia.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Kabupaten Berau? Berikut beberapa pulau yang wajib kamu kunjungi.

Pulau Derawan

derawan
Sumber: dictio.id

Pulau ini merupakan destinasi utama yang biasanya menjadi buruan para wisatawan. Pulau ini memiliki banyak tempat untuk menginap sehingga cenderung lebih ramai daripada kawasan wisata lainnya di Kabupaten Berau. Berbagai cottage apung dengan harga terjangkau dapat dengan mudah kamu temui di sini.

Di pagi hari, kamu bisa menemukan kawanan penyu yang mencari makan di sepanjang pantai. Air yang jernih dan pemandangan alam yang indah membuat pulau ini menjadi salah satu destinasi wajib bagi kamu yang suka berwisata. Pastikan kamu sudah membooking penginapan jika kamu ingin berkunjung ke sini. Pasalnya, biasanya cottage-cottage di tempat ini ludes dipesan, terutama ketika musim liburan tiba.

Pulau Sangalaki

sangalaki
Sumber: tribunnews.com

Pulau ini terletak cukup dekat dengan Pulau Derawan dan dikenal sebagai pusat pembiakan penyu hijau atau tukik. Pihak pengelola pun melakukan pelepasan tukik ke alam liar di malam hari. Untuk bisa mengunjungi tempat pembiakan, para wisatawan akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp 7.500 dan donasi sukarela untuk pelepasan tukik.

Pulau ini juga memiliki panorama bawah laut yang menawan. Para wisatawan bisa melakukan snorkeling sambil melihat biota laut, terumbu karang dan pari manta.

Pulau Kakaban



kakaban
Sumber: travel.detik.com

Pulau ini bisa dibilang merupakan pulau yang paling unik diantara destinasi wisata di Kabupaten Berau. Di tengah-tengah pulau ini, kamu bisa menemukan danau air payau yang juga merupakan habitat ubur-ubur Cassiopea. Para wisatawan bisa berenang sambil ditemani kawanan ubur-ubur berwarna oranye. Tidak perlu kuatir karena ubur-ubur ini tidak menyengat.

Sepanjang perjalanan menuju danau ini, kamu bisa menikmati rerimbunan pohon bakau dan panorama yang sangat cantik. Ada pula dermaga kecil dan jembatan kayu yang pastinya instagrammable. Untuk masuk ke kawasan danau, para wisatawan hanya dikenakan biaya sukarela.

Pulau Maratua

maratua
Sumber: piknikasik.com

Pulau Maratua disebut-sebut sebagai Maldives-nya Pulau Kalimantan. Kamu akan menemukan keberadaan resor mewah di sini, Maratua Paradise Resort. Laut yang biru dan pasir yang putih menjadi daya tarik utama pulau ini. Tidak perlu kuatir akan harga resor yang mahal, karena para pengunjung tetap bisa bersenang-senang di pulau ini tanpa menginap. Cukup dengan membayar Rp 40.000 kamu bisa bersantai di sini sambil menikmati suguhan roti dan secangkir teh.

Berbagai spot menyelam juga bisa ditemukan di sini, seperti Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden dan The Channel. Ada pula event tahunan Maratua Jazz & Dive Fiesta yang selalu diisi oleh sejumlah artis papan atas, menambah maraknya pesona Pulau Maratua.

Pulau Manimbora

manimbora
Sumber: travelingyuk.com

Pesona pulau ini akan membuat mata kamu lupa untuk berkedip. Langit biru, pohon kelapa yang menjuntai, pasir yang putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan, membuat para wisatawan menjadikan pulau ini salah satu destinasi wajib di timur Kalimantan.

Ada pula kisah mistis yang disimpan oleh pulau indah ini. Pasalnya, di pulau ini terdapat tumpukan tulang belulang manusia yang belum teridentifikasi. Tak jauh dari kerangka tersebut terdapat sebuah papan kayu yang menyerupai nisan. Hingga saat ini belum ada sumber terpercaya yang menjelaskan hal ini.

Selain pulau-pulau di atas, beberapa daerah lain di Berau juga layak untuuk kamu kunjungi lho! Ada Talisayan yang terkenal sebagai habitat hius paus atau whale shark, Pulau Manimbora yang memiliki pepohonan kelapa yang rindang dan memikat, ada pula Kecamatan Biduk Biduk yang memiliki Labuan Cermin, sebuah danau bening berwarna biru.
Artikel ini ditulis oleh Septi

borneo kalimantan berau wisata

Berita Terkait

Berita Video