Buah Lai Khas Kalimantan, Si Manis yang Ternyata Mirip Durian

Food & Travel   09 Oktober 2019

Sumber gambar: naviri.org

Pernah mendengar buah pekawai atau buah lai? Buah yang berasal dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah durian, bahkan bentuk buah dan bijinya pun sama persis. Namun yang membedakannya adalah ukuran buah lai tidak terlalu besar, biasanya satu buah lai memiliki berat 1-2 kilogram saja.

Buah lai memiliki duri yang lebih runcing dan rapat tapi tidak terlalu tajam saat dipegang. Tangkainya cenderung pendek berwarna hijau atau kekuningan saat masih mentah, tapi jika sudah berubah menjadi kuning atau coklat itu tandanya bahwa buah sudah matang dan bisa disantap.

Saat buah lai dibelah, dagingnya akan nampak warna oranye cerah. Bahkan kadang ada juga yang berwarna kuning dan merah.

buah lai
Sumber gambar: travelingyuk.com

Soal rasa tak perlu diragukan, karena buah ini akan sangat memanjakan lidah dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut nan kenyal.

Pada dasarnya buah ini memang masih "satu keluarga" dengan durian, maka jangan heran jika memiliki kemiripan yang sangat identik. Pohon buah lai pun terlihat sama seperti pohon durian lainnya. Namun ukuran daun pohon buah lai lebih besar dan tebal, panjangnya berkisar 20-25 cm dan lebarnya bisa mencapai 5-7 cm. Bunganya juga cukup besar dengan berbagai variasi warna, seperti merah muda hingga merah tua.

Buah lai memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi metabolisme tubuh, ada vitamin C, vitamin B, serat serta kalium. Selain itu buah lai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, peningkatan produktivitas kerja dan vitalitas, meningkatkan nafsu makan, pengurangan risiko anemia, dan masih banyak lagi.

buah lai
Sumber gambar: deskgram

Saat ini buah lai tidak hanya bisa dimakan sebagai buah fresh siap santap, tapi juga banyak yang mengolahnya menjadi camilan keripik. Jika kamu tengah melancong ke daerah Kalimantan, kamu dengan mudah menemukan keripik buah lai di toko yang menjual oleh-oleh khas Kalimantan.

Oh ya ada satu hal besar yang menjadi pembeda buah lai dengan durian pada umumnya, yakni buah lai tidak mengeluarkan aroma yang kuat seperti buah durian. Jadi cocok banget untuk kamu yang mungkin penasaran dengan durian tapi tidak suka dengan bau menyengatnya. Mau coba?
back to top