Mengenal Teknologi Tarik Tunai Tanpa Kartu

Techno   03 Oktober 2019

Sumber gambar: businessinsider.com

Lewat teknologi transaksi tarik tunai tanpa kartu (cardless), Anda tidak lagi perlu membawa kartu debit untuk menarik uang tunai dari ATM. Anda hanya perlu smartphone.

Teknologi ini sudah mulai diuji di ATM yang di AS pada 2017. Salah satu bank swasta di Indonesia juga sudah menerapkannya. Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya.

Cara kerja tarik tunai tanpa kartu
Cara pertama, kartu debit Anda harus disimpan di aplikasi dompet di smartphone. Di mesin ATM, Anda memegang telepon Anda di atas alat pengenalnya, dan mengakses kartu yang berlaku di aplikasi dompet Anda. Dari sana, tinggal memasukkan nomor PIN dan memilih berapa banyak uang tunai yang ingin ditarik. Metode ini biasanya memanfaatkan fasilitas NFC yang ada di smartphone.

Cara kedua, Anda masuk ke aplikasi bank Anda untuk meminta kode akses satu kali (One Time Password). Anda kemudian menggunakan kode itu dan nomor PIN Anda untuk menarik uang tunai dari ATM.

otp
Sumber gambar: https://www.reson8.ae

Beberapa ATM bahkan memiliki fitur cardless yang lebih futuristik. Di Brasil, Anda dapat memindai telapak tangan untuk menarik uang tunai. Di beberapa negara lain, Anda dapat menggunakan sidik jari sebagai pengganti kartu.

Kelemahan keamanan ATM tanpa kartu
Sementara ATM tanpa kartu dianggap lebih aman daripada menggunakan kartu fisik, keamanan metode ini masih belum 100 persen. Jika Anda khawatir tentang skimmer ATM atau pencurian, Anda mungkin lega tidak harus mengambil risiko dengan kartu fisik.

Ada satu kisah korban kejahatan tentang ATM tanpa kartu yang pernah ditulis oleh New York Times. Ceritanya seorang pencuri berhasil mendapat login online banking seorang nasabah. Pencuri itu mengunduh aplikasi seluler bank di smartphone-nya sendiri, dan menggunakannya di ATM tanpa kartu. Akhirnya nasabah itu kehilangan hampir $3.000.

Contoh kasus lainnya, seorang penipu mengirim SMS ke nasabah bank dengan mengatakan bahwa akun mereka telah dikunci. Ketika si nasabah mengklik tautan yang disertakan dan memasukkan informasi akunnya, si penipu akan mendapatkan info Anda.

Dalam kejahatan lainnya, si penipu yang mengakses akun Anda dapat menambahkan nomor telepon mereka sendiri ke akun Anda, kemudian menggunakan telepon mereka sendiri untuk mengakses uang tunai Anda yang ada di ATM.

Cara menggunakan ATM tanpa kartu dengan aman
1. Agar informasi dan aset Anda tetap aman, gunakan otentikasi dua langkah, jika ada, untuk masuk ke rekening bank Anda secara online. Jika Anda menerima SMS yang berisi kode yang tidak Anda minta, abaikan saja.

2. Menggunakan otentikasi biometrik seperti sidik jari atau wajah untuk mengakses aplikasi dompet seluler Anda.

3. Daftarkan diri ke bank untuk menerima peringatan keamanan rekening bank dan kartu kredit. Yang paling umum adalah peringatan penipuan, di mana bank mengirimi Anda pesan jika ada transaksi yang tidak biasa, seperti setiap kali tagihan atau kartu kredit dilakukan, atau jika ada pengurangan ATM atas jumlah tertentu yang Anda tetapkan.
back to top