Tips Memakai Batik dalam Gaya Modern

Lifestyle   02 Oktober 2019

Sumber gambar: Instagram/sejauh_mata_memandang

Batik telah menjadi salah satu pakaian wajib untuk dikenakan di acara santai maupun formal. Ada banyak cara untuk memadupadankan kain tradisional untuk menunjang penampilan agar terlihat modern, misalnya dengan celana, rok, atau atasan.

Desainer dan pemilik butik Elemwe Batik, Lily Mariasari, membagikan beberapa tips mengenakan batik agar terlihat lebih bergaya. Elemwe Batik sendiri telah berdiri sejak 2015 dan terkenal dengan motif Betawi yang dibuat oleh pengrajin di wilayah pesisir Jakarta.

batik modern
Sumber gambar: Instagram/elemwe

Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober ini, Lily membeberkan cara memadukan batik dengan pakaian lainnya. Berikut ulasannya:

Padukan batik dengan beragam jenis pakaian
Lily menjelaskan bahwa pada dasarnya batik bisa dipadukan dengan banyak jenis pakaian. Batik bisa dipasangkan dengan jeans, rok, atau kulot dengan bahan polos. Untuk motifnya, Lily lebih menyarankan agar memilih pola yang lebih ringan. "Ada banyak motif yang unik dan kekinian," ujarnya.

Batik formal
Untuk acara formal, Lily lebih memilih untuk mengenakan batik dengan pola yang sudah ada alias pakem. "Anda bisa mengenakan batik berwarna gelap, dan sebaliknya, batik warna cerah untuk acara santai," kata Lily.

batik modern
Sumber gambar: Instagram/sejauh_mata_memandang

Tampilan sporty
Menurut Lily, batik menjadi sangat apik ketika dikombinasikan dengan sepatu harian untuk mewujudkan tampilan yang lebih kasual dan juga sporty.

Nah sebagai warisan budaya yang diakui dunia, batik adalah mode bagi orang Indonesia. So kita harus melestarikan dan bangga mengenakan batik kan?
back to top