Merambahi Hutan Perawan Sumba di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Food & Travel 01 Oktober 2019

nasional taman sumba wisata



Sumber gambar: triptrus.com

Bayangan tentang kegersangan Pulau Sumba, NTT, akan lenyap ketika kamu menyambangi Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Hutan tropis yang rimbun dan aliran sungai yang deras akan menyapa kamu begitu kamu menginjakkan kaki ke tempat ini. Di tempat ini pula terdapat salah satu destinasi wisata andalan tanah Sumba, yaitu Air Terjun Lapopu.

Taman nasional ini merupakan hutan musim semi dataran rendah yang tersisa di Pulau Sumba. Meskipun tempat ini cukup rimbun di beberapa lokasi, pada umumnya tempat ini merupakan padang rumput luas yang banyak dihuni oleh kawanan kuda liar, hewan kebanggaan Sumba. Selain itu terdapat pula puluhan jenis burung, termasuk di antaranya adalah spesies khas Sumba sendiri, yaitu kakatua cempaka, julang Sumba, punai Sumba, sikatan Sumba dan kepodang-sungu Sumba. Semuanya, terutama kakatua cempaka dan julang Sumba, merupakan spesies burung paling langka dan terancam punah.

Selain itu taman nasional yang terletak di 3 kabupaten (Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur) ini juga memiliki puluhan jenis spesies kupu-kupu, belasan reptil dan berbagai satwa lainnya.

Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan pesawat terbang menuju Tambolaka transit Denpasar. Dari Denpasar ke Tambolaka memakan waktu sekitar 1 jam melalui udara. Dari Tambolaka, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam untuk mencapai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru ini.

lapopu
Sumber gambar: indonesiakaya.com



Taman nasional yang memiliki waktu terbaik di bulan April - Oktober ini memiliki banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan selama kamu berlibur di sana. Kamu bisa berenang di Air Terjun Lapopu yang terkenal di seluruh Sumba. Warna airnya yang hijau membuat siapapun ingin menceburkan diri. Kamu bisa mencapai air terjun ini setelah sekitar 20 menit trekking ringan menyusuri jalur teduh di sepanjang sungai dangkal. Jika kamu tidak suka basah, kamu bisa memanfaatkan lokasi sekitar untuk berfoto. Cukup banyak spot-spot foto cantik di sekitar air terjun yang bisa bikin kamu eksis di sosial media.

matayangu
Sumber gambar: genpi.co

Selain Air Terjun Lapopu, ada juga Air Terjun Matayangu yang tidak kalah menariknya. Air Terjun Matayangu bukan hanya menarik karena memiliki lanskap yang lebih tinggi, namun juga karena kisah budaya di baliknya. Air Terjun Matayangu merupakan tempat ibadah orang Merapu (suku asli Sumba) dan dipercaya sebagai tempat bersemayam arwah para leluhur. Di air terjun ini kamu bisa berenang dan bermain di kolam-kolam kecil yang terbentuk di bawahnya. Untuk mencapai tempat ini, kamu akan melewati padang sabana dan hutan yang rimbun. Menarik bukan?

Selain bermain di air terjun, kamu juga bisa melihat keindahan alam dan satwa liar asli Sumba. Kamu juga bisa belajar mengenal budaya Sumba yang sangat kaya dan kental. Hal ini tidaklah mengherankan karena masyarakat Sumba masih sangat memegang adat istiadat dan menjalankannya.

Sayangnya fasilitas penginapan di sekitar tempat ini masih sangat terbatas. Disarankan jika kamu hendak menginap, menginaplah di kota seperti di Tambolaka, Waikabubak atau Waingapu.
Artikel ini ditulis oleh Septi

nasional taman sumba wisata

Berita Terkait

Berita Video