Mengejar Jalak Bali dan Bawah Laut Menjangan di Taman Nasional Bali Barat

Food & Travel   01 Oktober 2019
Foto:


Sumber gambar: nativeindonesia.com

Pulau Dewata Bali bukan sekedar Seminyak dan Uluwatu saja. Bali juga memiliki taman nasional yang harus kamu kunjungi. Kali ini Brisik ingin berbagi informasi mengenai Taman Nasional Bali Barat. Di tempat ini, kamu akan menemukan burung jalak Bali yang anggun dan Pulau Menjangan dengan dunia bawah lautnnya yang mempesona. Lebih kerennya lagi, taman nasional ini mudah untuk dijkangkau dan dieksplorasi lho!

Taman Nasional Bali Barat berada di dua kabupaten, yaitu Jembrana dan Buleleng. Taman seluas 19 ribu hektar ini terdiri dari berbagai jenis hutan dan sabana, dimana taman ini dipengaruhi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene. Tercatat terdapat lebih dari 160 spesies flora dan fauna menghuni Taman Nasional Bali Barat. Banteng, rusa, lutung, kalong dan berbagai jenis burung mudah ditemui di tempat ini. Taman Nasional Bali Barat juga pernah masuk dalam "Best Top 100 Destinations" di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman.

taman nasional bali
Sumber gambar: bali-indonesia.com

Di Taman Nasional Bali Barat, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Snorkeling atau diving di perairan Pulau Menjangan merupakan hal yang paling populer untuk dilakukan. Di sekitar Pulau Menjangan banyak terdapat spot snorkeling untuk para diver dengan berbagai level. Jika kamu pemula dan tertarik untuk mencoba, kamu bisa mencoba spot Sandy Slope dan Coral Garden, tentunya dengan didampingi instruktur (try scuba). Jika kamu adalah diver berpengalaman, kamu bisa mencoba Cave Point yang menawan.

taman nasional bali
Sumber gambar: travel.kompas.com

Selain diving atau snorkeling, kamu juga bisa melihat-lihat satwa liar, terutama rusa. Jika kamu berkunjung ke Teluk Brumbun atau Tanjung Gelap, kamu bisa melihat beraneka spesies burung. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat spesies burung yang hampir punah, burung jalak Bali atau curik Bali. Memang tidak mudah untuk dapat melihatnya di alam liar, tapi jika kamu beruntung, kamu bisa melihat langsung burung pesolek yang berbulu seputih kapas ini.

Bagi kamu yang datang bersama keluarga, kamu bisa berpiknik di Pantai Karang Sewu. Pantai ini sarat dengan hutan bakau, membuat hawa menjadi sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Jangan sampai melewatkan pemandangan matahari terbit di tempat ini ya.
back to top