4 Antioksidan untuk Tangkal Radikal Bebas Polusi Udara

Health   26 September 2019

Sumber gambar: freepik.com

Polusi udara yang parah terus menghantui warga di beberapa kota besar di dunia, termasuk di Indonesia. Dampaknya sangat mengkhawatirkan karena menimbulkan efek negatif pada kesehatan manusia, seperti radikal bebas yang dikaitkan dengan kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit jantung, dan diabetes.

Selain menggunakan respirator atau masker wajah untuk saat beraktifitas di luar ruangan, cara lain menangkal radikal bebas adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Untuk itu Anda butuh mengonsumsi antioksidan alami.

Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah, Raissa Edwina Djuanda, menguraikan beberapa jenis antioksidan alami dan sumbernya. Ada apa saja?

1. Vitamin C
Vitamin C yang larut dalam air dipercaya mampu meningkatkan proses regenerasi sel dan mampu mencerahkan wajah. Bahan ini juga merupakan antioksidan paling kuat bagi tubuh manusia. Sebagian besar vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan, seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

2. Vitamin E
Vitamin E, salah satu vitamin yang larut dalam lemak, adalah garis pertahanan pertama melawan peradangan pada jaringan tubuh. Raissa merekomendasikan semua orang untuk mengonsumsi makanan utuh yang kaya akan vitamin E, seperti minyak, biji bunga matahari, kanola, kacang tanah, kacang almond, dan minyak zaitun. Salmon dan telur juga mengandung vitamin E dan omega-3 yang tinggi.

3. Beta-karoten
Fenugreek, selada, wortel, bayam, dan sayuran memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Beta-karoten diyakini memainkan peranan penting dalam mengendalikan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Omega-3
Asam lemak omega-3, yang sering berasal dari minyak ikan, kacang tanah, dan biji-bijian, juga merupakan antioksidan kuat untuk membantu mengurangi dampak kesehatan dari polusi udara.
back to top