Ada Android Untuk Feature Phone?

Techno   23 September 2019

Android selama ini selalu dipasangkan dengan smartphone. Baru-baru ini beredar sebuah video yang diduga memamerkan versi Android yang belum dirilis tapi untuk feature phones. 9to5Google melaporkan bahwa perangkat yang diduga dipakai adalah dari Nokia. Dapat terlihat ada Google Assistant, dan fitur scroll layar yang mencakup berbagai aplikasi dan layanan Google.

Google mulai mengerjakan Android untuk feature phones pertama kali digosipkan awal tahun ini, ketika 9to5Google menemukan referensi dalam kode sumber Chromium ke mode "touchless" untuk browser Google, yang dirancang untuk perangkat tanpa layar sentuh.

Dalam bagian pengaturan perangkat mencantumkan versi Android yang dijalankan sebagai versi 8.1, dan menggambarkan ponsel sebagai "Iron GAFP". 9to5Google berspekulasi bahwa ini bisa berarti “Google Android Feature Phone.”

Tanpa konfirmasi resmi dari Google bahwa sistem operasi feature phones-nya memang benar-benar ada, sulit untuk mengetahui apakah pengembangannya berhenti atau berjalan secara diam-diam. Namun, tahun lalu Google menginvestasikan $22 juta di KaiOS , sebuah sistem operasi feature phones alternatif berdasarkan OS Firefox. Situs web KaiOS di www.kaiostech.com mencantumkan sebagian besar aplikasi utama, termasuk Google Maps, YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Google Assistant.

Dengan KaiOS yang sudah menawarkan akses ke aplikasi dan layanan Google pada feature phones, Google dapat beralasan bahwa mereka tidak mendapat banyak manfaat dari pengembangan sistem operasi feature phones sendiri.
back to top