Temuan Baru, Rasa Menthol dalam Rokok Elektrik Berpotensi Kanker

Health   19 September 2019

Sumber gambar: Shutterstock/File

Senyawa penyebab kanker yang diwaspadai pemerintah AS ditemukan dalam liquid rasa mint atau menthol untuk rokok elektrik. Yang mengerikan, kandungan karsinogen ini terbukti cukup tinggi.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine. Para peneliti mendapatkan bukti terbaru tentang masalah kesehatan terkait vape atau rokok elektrik. Bersamaan dengan itu, pejabat kesehatan di AS juga tengah menyelidiki kasus sakit paru-paru terkait rokok elektrik yang merenggut enam nyawa.

Tingkat pulegone atau zat pemicu kanker yang dihirup oleh pengguna rokok elektrik adalah 1.000 kali lebih tinggi daripada penikmat rokok mentol, kata peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Duke. Penelitian ini melibatkan enam jenis tembakau tanpa asap yang mengandung pulegon dan liquid yang digunakan untuk vaping.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA sendiri telah melarang penggunaan pulegone sebagai bahan penyedap makanan setelah menerima petisi dari sekelompok aktifis kesehatan dan lingkungan.

“Aturan dari FDA (Food and Drug Administration) untuk makanan rupanya jauh lebih ketat daripada apa yang diperlukan untuk rokok elektrik," kata penulis studi Sven-Eric Jordt dari Fakultas Kesehatan Lingkungan di Duke University School of Medicine.

“Di tahun 70-an, industri tembakau sudah tahu bahwa pulegone tidak diinginkan, tapi malah dipindahkan ke perasa sintetis,” imbuhnya.

liquid kanker
Sumber gambar: medicalnewstoday.com

Untuk menghitung tingkat karsinogen yang dapat diterima dalam makanan, FDA mengambil sampel jumlah tertinggi yang dapat dikonsumsi hewan tanpa mengembangkan tumor dan membaginya dengan perkiraan jumlah yang dikonsumsi per hari. Jumlah yang dihasilkan - disebut "margin of exposure," atau MOE - harus di atas 10.000 agar makanan dianggap aman bagi tubuh. MOE dengan angka lebih rendah menjadi perhatian. Semakin rendah angkanya, maka semakin tidak aman makanannya.

“FDA memutuskan bahwa asupan karsinogen dari makanan harus setidaknya 10.000 kali lipat kurang dari dosis maksimal yang tidak menyebabkan kanker pada hewan,” kata Jordt.

Dari enam jenis tembakau dan cairan liquid yang diperiksa, semuanya keluar dengan MOE di bawah 10.000. Tergantung pada tingkat konsumsi, MOE untuk liquid berkisar antara 325 dan 6.012, dan pada produk tembakau tanpa asap mengandung pulegon berkisar antara 549 dan 1.646.

Para peneliti menentukan bahwa MOE untuk satu cairan liquid rasa menthol berkisar 3.084 hingga 325, tergantung pada seberapa banyak dikonsumsi.

Dr Panagis Galiatsatos, direktur Klinik Perawatan Tembakau di Sekolah Kedokteran Johns Hopkins begitu prihatin dengan fakta ini.

Temuan ini juga menjadi contoh lain dari sesuatu yang telah dilihat oleh FDA hanya sebagai makanan dan bukan sebagai zat yang dihirup.

“Penelitian ini memberi tahu seberapa besar keinginan pembuat rokok elektronik untuk menciptakan pengalaman merokok yang lebih baik, namun mengorbankan konsekuensi kesehatan,” ungkap Galiatsatos.

Presiden Donald Trump pada pekan lalu mengumumkan rencana untuk menghapus semua rokok elektrik dari toko retail. Para pejabat di AS juga memperingatkan bahwa 'rasa manis' rokok elektrik telah menarik jutaan anak-anak ke dalam candu nikotin.
back to top